WEATHERING (PELAPUKAN)

Sinopsis. Permukaan bumi di mana-mana hancur berkeping-keping di bawah pengaruh batu pembusukan. Bukit yang tidak berarti abadi, bahkan yang paling resisten dan rock hampir tidak layak disebut batuan usia. Mempersiapkan pelapukan batuan untuk dihapus oleh agen lain. Ini mengoperasikan lebih dari seluruh permukaan bumi. Efek dari sungai, gletser, dan gelombang, yang disebut daya rusak, bagaimanapun, adalah lokal. Kemanjuran angin, satu kekuatan ini, juga dibatasi dan dapat neglilible mana vegetasi berat berlaku.
Pelapukan mencakup berbagai besar proses destruktif: pemanasan, pendinginan, pembekuan, pencairan, tindakan yang membongkar es, tanaman, dan hewan di menit retak, dan bentuk-bentuk disintegrasi mekanis. Hal ini juga mencakup banyak perubahan kimia seperti oksidasi yang berdampak pada banyak logam, terutama besi, untuk membentuk berbagai oksida besi, dikenal sebagai karat besi; feldspars manakah yang mempengaruhi hidrasi untuk membentuk kaolin atau tanah liat, Dan yang juga mempengaruhi besi untuk membentuk limonit; karbonasi oleh karbon dioksida yang mempengaruhi kalium mempengaruhi feldspars untuk membentuk garam abu atau kalium karbonat, yang penting tanaman yang larut dalam makanan. Termasuk solusi dan pencucian batu dan tanah dan menghapus banyak kapur dan karbonat lain dari batu, serta jumlah besar silika. Perubahan kimia ini dibantu oleh suhu tinggi dan asam organik, baik tumbuhan dan hewan.
Mechanical disintegrasi, Sebagian besar disebabkan oleh perubahan suhu, yang paling menonjol pada daerah kering dan puncak-puncak gunung yang terbuka, perubahan kimia yang terbesar di daerah suhu hangat dan kelembaban yang tinggi.
Ada garis tajam antara karya pelapukan dan pekerjaan sungai. Sistem sungai, menyerupai urat-urat daun, adalah tempat di mana hanya mereka karya penghapusan lebih terkonsentrasi dibanding yang lain di mana, tetapi adalah salah satu proses besar yang meliputi seluruh permukaan bumi seperti seluruh helai daun.
Di bawah pengaruh cuaca. Lereng dikatakan muda bila ada Scarpa, dan banyak declivities tonjolan batu terjal dan penghapusan limbah cepat. Longsor dan batu jatuh adalah umum di bawah kondisi seperti itu. Mature lereng dikatakan berada dalam kesetimbangan, yang berarti bahwa kemiringan telah ditetapkan oleh cuaca, bukan oleh proses yg menyebabkan longsor. Kemiringan seperti itu adalah lemah. Kekuatan pembusukan dan pemindahan yang diperkirakan adalah seimbang dengan baik sehingga tidak ada perubahan tiba-tiba terjadi dan pada saat tertentu waktu yang akan tampak bahwa tidak ada perubahan yang terjadi.
Lereng bisu adalah kondisi dari karakteristik tanah bisu; Lereng tua dan yang tua dari tanah k0ondisi. Ini tidak selalu begitu, namun mungkin daerah yang lama yang tidak memiliki bodoh dan memiliki Lereng Jurang Batuan. Tingkat perkembangan dari Lereng, Ketika saling berhubungan dengan kondisi seperti sebuah Lubang Darat Tingkat Identiko tidak perlu terhadap perkembangan dari bentuk Lahan.
PELAPUKAN, adalah sebuah Penyesuaian Lingkungan. Menggunakan Pelapukan Masa dari proses penghancuran bebatuan memberikan pembusukan. Hasil ini tidak hanya memberikan kerusakan dalam bentuk kehancuran bebatuan, tetapi juga dalam bentuk Topografi aneh di Beberapa proses perkembangan ini. Untuk Instansi, membulatkan lengkungan besar seperti dari daerah granit Sebagai hasil dari pelapukan Yosemite erosi daripada yang oleh gaya erosi Beberapa bersifat Merusak.
Kejadian Sebagai Pelapukan yang nyata, adalah pencocokan Sekadar Batuan kembali ke kondisi dari Lingkungan baru. Batuan di bentuk oleh pendinginan magma di dalam perut bumi bagi yang mengarah pada erosi Kemudian untuk kondisi sama sekali berbeda dari orang-orang Untuk yang mereka telah terbiasa. Granit, Sebagai contoh dapat berada di Lingkungan Selamanya Jika berada di tempat bentuk benda ini, tetapi, Jika di bawa ke permukaan bumi, akan berubah / terkikis. Hal yang sebaliknya juga benar; ialah dari hasil pelapukan pada permukaan bumi berupa sisa-sisa dari pengaruh alam yang di bentuk, tetapi memperlakukan Jika kondisi yang ada di dalam perut bumi di tempat terbentuk granit, Merubah karakteristik baru dalam Lingkungan Mereka merespon, menjadikan batu tulis atau yang Beberapa jenis batu MetaMorf beradaptasi terhadap panas dan Tekna yang Berbeda di dalam perut bumi.
Batuan mengalami dari setiap lipatan Dari dorongan massa lapis permukaan yang terjadi pada bumi, atau mengarah pada penggundulan Dari erupsi Sebagai bagi meleburkan zat dalam bumi, penemuan menghambat sekaligus bahwa berbagai unsur, yang ada dalam kombinasi, tidak selaras dengan lingkungan baru . Musim panas dan musim dingin panas dingin, memberi reaksi kimia dari pengasaman atmosfair Hujan menyatu; putus terjadi kemudian, yang akan digantikan oleh kombinasi baru rekonsiliasi dan mungkin lebih sesuai dengan situasi kemudian ada, sebuah produk antara dalam semua siklus tanpa akhir ini perubahan, dari disintegrasi dan rekombinasi, adalah tanah. Ini adalah relatif tipis, dangkal jubah longgar puing-puing, yang, dicampur dengan lebih atau kurang bahan organik, hampir di mana-mana meliputi tanah.
Faktor pengaruh cuaca. Pelapukan batu tergantung pada beberapa faktor. Pertama, itu tergantung pada jenis batuan, yaitu komposisi dan struktur mineral. Kedua hal itu sangat tergantung pada kondisi iklim, Apakah Itu kering atau lembab, dingin, atau panas. Seragam berubah. Ketiga, tergantung pada ada atau tidaknya vegetasi. Akhirnya, ada kondisi-kondisi seperti kebetulan kemiringan tanah dan paparan sinar matahari dan hujan.
Ini kebiasaan untuk berpikir tentang kekuatan pelapukan yang beroperasi di salah satu dari dua cara: secara mekanis atau kimiawi. Perubahan mekanis yang disebabkan oleh perubahan suhu udara atau air yang mengisi celah-celah dan pori-pori batu-batu dan juga oleh aksi tanaman dan organisme lainnya. Agen ini memecah massa batuan ke dalam blok-blok yang lebih kecil, potongan, atau partikel.
       
Perubahan kimia, disebabkan oleh badan-badan yang sama ini, mengakibatkan reaksi kimia yang sebenarnya dan biasanya Libatkan Penambahan zat-zat seperti oksigen atau karbon dioksida ke unsur-unsur batu asli.
Pelapukan, oleh karena itu, adalah karya udara, air, dan menutupi permukaan organisme atau menempati ruang dalam massa batuan, semua cenderung untuk memecah batu dengan mekanik dan chemic \ yang berarti. Pelapukan istilah tidak menganut semua perubahan yang dibawa oleh atmosfer dan organisme. Jika kekuatan ini menghasilkan perubahan berdasarkan gerakan mereka, mereka menjadi agen erosi dan kemudian digolongkan dengan kekuatan-kekuatan destruktif yang mengubah muka bumi dengan cara yang besar. Suasana kemudian menjadi angin, air menjadi sungai, dan salju atau es menjadi gletser. Dalam beberapa kasus sulit untuk menarik garis yang jelas perbedaan antara erosi pelapukan. Efek yang konstan gravitasi selalu menarik produk-produk dari pelapukan menuruni lereng dan, jika kuantitas Jadi digerakkan di suatu tempat yang besar, hal itu mungkin merupakan aliran yang sebenarnya puing-puing, yang, kecuali jumlah relatif air dan beban , bukan tidak seperti sungai yang mengalir. Gerakan ini disebut batu flowage, tanah creep, atau solifluction.
RELATIF kerentanan endapan batu Weathering DAN UNTUK Batuan beku. Sejalan dengan fakta-fakta yang baru saja diberikan, fisiografi berikut generalisasi adalah signifikansi khusus:
Batuan yang jauh lebih rentan terhadap perubahan kimia daripada batuan sedimen. Di permukaan bumi batuan berada di luar selaras dengan lingkungan sekitar mereka dan terus-menerus tunduk pada perubahan fisik dan kimia menghasilkan produk yang lebih selaras dengan kondisi yang ada, dan karenanya lebih stabil. Batuan sedimen sendiri adalah produk dari penyesuaian ini sekarang. Para konglomerat, batu pasir, shales, dan argillites hanyalah sisa-sisa letusan bebatuan Detrital, yang di bawah pengaruh berbagai cuaca telah menjadi hancur dan membusuk, menghapus konstituen mereka yang lebih larut dihapus, dan residu, yaitu pasir dan tanah liat, meletakkan dan konsolidasi di bawah kondisi-kondisi seperti sekarang ada di atas atau dekat permukaan bumi atau di bawah badan air dangkal. Kelemahan yang biasa endapan batu, di bawah erosi, oleh karena itu, dibandingkan dengan batuan, adalah disebabkan bukan tanggung jawab yang lebih besar untuk perubahan kimia tetapi kecenderungan alami dari sedimen tempat tidur untuk kembali ke partikel pasir atau tanah liat yang semula membuat. Hal ini biasanya disebabkan oleh kelemahan atau kelangkaan bahan semen mana butir bersama-sama. Indurata tegas sedimen, seperti konglomerat, batu pasir, atau kuarsit, yang terpisah Dalam butir yang dipegang teguh bersama-sama oleh matriks silika, yang terutama tahan dan selalu mendominasi topografi, dalam preferensi untuk batuan. Kapur merupakan satu-satunya yang mudah membusuk endapan batu oleh perubahan kimia.







MECHANICAL CHANGES
(PERUBAHAN SECARA MEKANIK)

AKIBAT DARI PERUBAHAN SUHU. Perubahan mekanik dihasilkan dari proses penekanan ataupun runtuhnya batuan. Ini dapat diakibatkan oleh perubahan suhu dari batuan itu sendiri, tergantung dari posisi batuan yang tersingkap, atau dapat tergantung dari susunan es diantara celah batuan. Batuan yang sangat kuat/rapat, padat, batuan yang terdiri dari kristal, seperti granit, secara kasat mata tidak mempunyai pori-pori dan bukan merupakan batuan yang mendukung pembentukan es diantara butirannya, seperti pada batu sedimen. Batu sedimen, seperti batu pasir berpori, dengan mudah dapat terurai oleh pembentukan es diantara butirannya.
Pada sisi lainnya, batu , yang terbentuk dari penghancuran batuan beku, seperti batu pasir dan batu serpih, tidak dengan mudah dipengaruhi oleh perubahan suhu dalam batu itu sendiri. Pada  batuan tersebut butirannya sering kali terpisah satu sama lain dengan lapisan tipis material calcareous, ferruginous, atau siliceous (mengandung/bersifat seperti kalsium, besi, ataupun silika) yang berguna sebagai bantalan dan menyebabkan butirannya dapat bergerak dalam jumlah tertentu. Pada batu kristalin, bagaimanapun, unsur-unsurnya saling bersentuhan dan, ketika suhu meningkat, maka  seluruh butirannya akan mengembang dan berkumpul dengan gaya yang hampir tidak tertahan melawan butiran di sebelahnya. Ketika suhu turun, maka yang berperan adalah penyusutan dari butiran-butiran tersebut. Kenaikan suhu sebesar 150oF membuat granit(batu kristalin)    mengembang sisinya sebesar 1 inchi untuk setiap 100 kaki jarak. Pengembangan ini mengurangi kohesi(kepaduan) dari kristal dan menghancurkan posisi butiran yang lebih dekat ke permukaan batu daripada butiran yang terletak lebih dalam. Pada kondisi batu yang besar, pemecahan batu dengan butiran yang saling berdekatan paling jelas terlihat. Batu andesit dan basalt, serta obsidian terserpih menjadi potongan-potongan kecil, mempunyai permukaan cekung dan cembung yang indah. Permukaan yang ditinggalkan oleh loncatan serpihan itu beralur seperti pahatan yang dikerjakan tukang kayu. Granit, bagaimanapun, mempunyai tekstur yang kasar, tidak terpecah dengan cara seperti itu, tetapi terpecah butir demi butir. Kristal yang berbeda dari feldspar, kuarsa, dan mineral lainnya mengembang dan menyusut dengan tingkat yang berbeda dan akhirnya terpisah-pisah butirannya. Hasilnya, tanah yang terbuat dari butiran kristal yang masih baru sering disebut gravel alami. Jalan ke Pikes Peak dan banyak jalan raya di Colorado dilapisi dengan gravel alami. Batu sedimen cenderung jauh untuk tidak terpisah pada kondisi ini karena disusun dari mineral yang seragam.
GAYA PENGEMBANGAN OLEH ES. Akibat dari suhu panas dan dingin (kondisi kering) pada batu, bagaimanapun, lebih sedikit jika dibandingkan dengan kekuatan destruktif suhu pembekuan pada batu yang dibasahi oleh air. Kekuatan pengembangan air—berapapun jumlahnya, selama tekanan air konstan—berubah dari keadaan cair ke keadaan padat telah digambarkan sama dengan berat sebuah kolom es dengan tinggi 1 mil, atau sama dengan 150 ton per kaki persegi. Air, saat membeku, mengembang sebanyak 10 persen dari volumenya. Lantaran hampir semua batu memiliki uap air dan beberapa bagian dunia terbukti memiliki suhu di sekitar titik beku, sangat mudah untuk melihat gaya yang paling potensial untuk memecah batu. Batu sedimen, tentu saja, paling mudah terpengaruh karena proporsi air yang terkandung lebih besar. Tapi walaupun granit mengandung jumlah air yang lumayan, beberapa batu granit mengandung rongga yang sangat kecil dan tidak terhitung jumlahnya dalam butiran-butiran kwarsanya.
Tidak hanya dalam celah antara butiran air terkandung, tetapi bahkan dalam jumlah yang lebih banyak pada lapisan-lapisan dan lipatan-lipatan serta macam-macam kelemahan lainnya, seperti sepanjang bidang dasar dari batu sedimen.
Pelapukan mekanik yang tergantung pada pembekuan dari air yang diserap batu, yang secara alamiah dibatasi oleh dinginnya dan zona/lintang sedang. Paling jelas nampak dimana pembekuan dan pencairan saling bergantian pada interval yang teratur. Pada puncak gunung yang diguyur hujan dan salju, aturan ini benar-benar berlaku pada zona sedang.
Pelapukan mekanik yang tergantung pada pengembangan dan penyusutan dari massa batu itu sendiri dibawah perubahan suhu paling nampak terjadi di daerah gurun ataupun puncak gunung dimana vegetasi berkurang. Pada situasi dimana tanah terbawa oleh proses transportasi secepat terbentuknya tanah, permukaan batu yang baru terus menerus tersingkap dan mengalami kekuatan pemecahan batu. Angin adalah bantuan yang efektif pada cara ini. Lereng yang curam juga termasuk, karena mendukung tetapi dengan vegetasi yang sedikit dan karena partikel yang terlepas dengan cepat dipindahkan oleh gravitasi, semakin mudah terjadi pelapukan yang cepat disamping perubahan suhu itu sendiri.
Kegiatan pelepasan yang lambat oleh tanaman dan binatang merupakan kekuatan mekanik penting yang lain, yang mendukung terjadinya pemecahan batuan. Lumut kerak dan lumut menusukkan akar-akar kecilnya ke dalam setiap kerak dan celah; dan tanaman lain yang lebih tinggi, pohon-pohon dan semak, menusukkan akar-akarnya ke dalam lipatan-lipatan dan kerak pada batu yang lebih besar, dengan pertambahan tumbuhan dalam jumlah yang sangat besar, memperbesar keretakan dan memberi jalan masuk bagi air. Kegiatan binatang, juga, khususnya cacing tanah dan semut, di beberapa wilayah sangat efektif untuk membuat ukuran partikel batuan menjadi semakin kecil dan semaikn kecil lagi.
Masih ada faktor penyebab lain yang membuat batuan menjadi terbeclah, yaitu dorongan tekanan saat batu dipindahkan oleh erosi dari massa gunung. Biasanya tidak mungkin, biarpun, dianggap berasal dari berbagai sebab yang ada. Pada tambang-tambang, bongkahan granit terbelah dan terpecah dengan tiba-tiba dan mengejutkan, agaknya karena tekanan dari satu sisi telah dilepaskan oleh operasi tambang. Pada teroewongan yang dalam fenomena yang sama dapat diamati.
Pada semua pemikiran di atas, semuanya kurang mengejutkan untuk dipelajari bahwa gunung-gunung seiring berjalannya waktu dihancurkan bahkan granit, simbol dari keabadian, menjadi musnah saat bertemu kekuatan pelapukan di permukaan bumi.
Di atas itu semua, kita mencatat bahwa batu yang berbeda bereaksi berbeda pada keadaan yang berbeda. Hal ini dapat dibuktikan pada bentuk topografi yang tersusun dari batuan yang sama, namun di berada bawah keadaan iklim yang berbeda.







CHEMICAL CHANGES
(PERUBAHAN KIMIA)

Perubahan kimia yang terjadi selama proses pelapukan melibatkan empat, yaitu, hidrasi, karbonasi, oksidasi dan desilication.

Hidrasi. Hidrasi berarti mengambil air sebagai konstituen kimia. Sebagian besar mineral merupakan pembusukan batu yang mengandung persentase air besar. yang paling umum mineral ini adalah tanah liat, yang hasil dari hidrasi feldspar. Mineral lainnya juga, seperti mika, mengambil air untuk membentuk mineral terhidrasi. Pengambilan air merubah batu dari  bentuk Kristal aslinya, maju memberikan suara dering yang jelas ketika dipukul dengan palu, kepada massa yang kusam kusam pergi ke potong oleh semacam proses slaking ketika terkena udara. Hidrasi juga melibatkan peningkatan besar volume batu, hampir dua kali lipat dalam jumlah besar. Transisi dari granit ke tanah, jika tidak ada materi yang hilang, menghasilkan peningkatan dari 88 persen. Perubahan ini cenderung kuat untuk memecah batu massa karena strain dibentuk antara butir kristal. Batuan yang paling mudah diubah dengan cara ini. Batu-batuan sedimen sendiri berasal dari pelapukan batuan dengan perubahan, dan tindakan lebih lanjut semacam ini berlangsung jauh lebih efektif daripada pada batuan asli.
Beberapa batu pasir mengandung banyak berubah mika. Ketika ini cuaca oleh hidrasi, maka batu pasir dapat dengan cepat mengurai menjadi butir konstituennya. Muscovite mika, bagaimanapun, mungkin menolak pelapukan hampir sepanjang atau lebih dari kuarsa.

Oksidasi. Oksidasi adalah batu yang paling efektif dalam membawa senyawa dari besi. Besi terjadi pada batuan dalam bentuk besi sulfida atau pirit; seperti besi oksida atau magnetit; atau sebagai ferromagnesian silikat, seperti mika dan hornblende. Oksidasi mineral ini menghasilkan senyawa besi, yang mengandung lebih banyak oksigen dari senyawa besi lakukan. Sedikit oksidasi menghasilkan bijih besi yang berwarna kemerahan, tetapi jika hidrasi berlangsung pada saat yang sama, maka hasil limonit. Limonit adalah warna kuning atau warna kuning tua dan merupakan constitutent umum karat besi. Kuning atau warna oranye adalah karena sebagian besar tanah ke irom oksida terhidrasi yang hadir. Mengurangi agen atau senyawa kimia yang mengambil oksigen, seperti, misalnya, asam seperti orang-orang yang dihasilkan oleh tanaman yang tumbuh di dalam tanah, senyawa besi dapat berubah kembali ke bentuk ferrous, sehingga menghilangkan warna merah atau kuning dan menyampaikan penampilan hitam ke tanah.
Lengkap pengeringan tanah liat kuning dengan pemanasan, dengan membakar seperti dalam kasus pembuatan batu bata, atau penghapusan air oleh tanaman melalui transpirasi, dehidrasi dan menyebabkannya menjadi merah. Kebanyakan bata merah; paling gurun tanah merah.

Karbonasi. Karbonasi melibatkan pembentukan karbonat yang pada umumnya sangat larut. Misalnya, besi sulfida atau pirit diserang oleh air yang mengandung karbon dioksida, dan berubah menjadi besi karbonat dan asam sulfat. Karbonat besi adalah mineral yang larut dan mudah dihapus dalam larutan. Kapur atau kalsium karbonat juga diserang oleh air yang mengandung karbon dioksida dan perubahan kalsium bikarbonat yang larut lebih banyak waktu dari batu kapur. Salah satu hasil paling penting karbonasi adalah pembentukan garam abu atau kalium karbonat, yang berharga makanan tanaman, karena menyediakan kalium dalam bentuk larut. Ini berasal dari penghancuran orthoclase kalium tidak tersedia bagi tanaman karena tak terpecahkan.

Desilication. Desilication telah melakukan penghapusan silika. Batuan, seperti granit, mengandung banyak silika. Beberapa ini terjadi sebagai kuarsa bebas. Sebagian besar mineral lainnya di granit silikat. Mereka lebih mudah diuraikan oleh tindakan kimia daripada adalah kuarsa, dan dalam proses ini beberapa silika dibebaskan untuk dibawa pergi dalam larutan atau suspensi koloid. Itu menjelaskan fakta bahwa air tanah dan air sungai mengalir daerah batuan sedimen, karena di daerah-daerah yang terakhir silika tidak mudah dihapus, karena sebagian besar dalam bentuk hampir tak terpecahkan kuarsa. Bahkan yang disebut batuan dasar, seperti basal, syenite dan gabbro, mengandung banyak silika kuarsa bebas meskipun tidak ada. Sangat mudah untuk melihat, oleh karena itu, bahwa di banyak daerah kristalin silika dibebaskan untuk mencari jalan masuk ke celah-celah batu karang di mana mungkin redeposited sebagai urat-urat kuarsa.
Dalam perbandingan antara apa yang disebut batuan asam seperti granit, yang banyak mengandung kuarsa, dan batuan dasar, seperti basal, yang tidak mengandung kuarsa bebas tetapi memiliki proporsi yang lebih besar basa, seperti kalsium, besi, magnesium, aluminium, natrium dan kalium, itu patut dicatat bahwa batu-batu dasar lebih rentan terhadap perubahan kimia daripada adalah jenis asam. Ketiadaan gratis kuarsa dalam batuan dasar, proporsi yang lebih kecil gabungan silika, yang sesuai proporsi yang lebih besar pangkalan membuat batu-batu dasar lebih mudah diserang oleh agen dari cuaca, yang terutama asam di alam mereka. Lebih banyak energi dibebaskan juga, oleh cuaca, seperti asam batuan dari batu. Yang pelapukan batuan dasar, oleh karena itu, hasil lebih cepat daripada asam batuan. Ketika kedua berada dalam asosiasi, batu-batu dasar yang dimakan cuaca sering berada dalam topografi depresi, sedangkan yang lebih tahan asam membentuk punggung bukit batu. Dasar melalui pemotongan tanggul daerah granit, bukannya berdiri di lega, sering tergambar diri untuk membentuk parit-seperti depresi. Dalam beberapa aliran lava atau jebakan lembar olivin terjadi dalam kelimpahan besar, kadang-kadang di zona terbatas. Mineral ini, yang mengandung banyak zat besi dan magnesium, meluruh dengan sangat cepat dan dengan cepat menyebabkan kerusakan pada massa batuan untuk membentuk lereng yang lembut kontras dengan dinding vertikal cuaca yang kurang perangkap.













SOILS
(TANAH)

Evolusi tanah. Ketika pertama kali dibentuk, tanah mengambil bagian dari karakter dari batu-batu dari mana mereka berasal. Tetapi, seperti hal-hal lain di alam, mereka melewati sebuah siklus pembangunan, yang melibatkan pemuda, kedewasaan, dan usia tua. Memodifikasi pengaruh luar karakter asli mereka. Begitu kuat adalah pengaruh luar ini bahwa ciri-ciri yang mereka terkesan atas tanah lebih dominan daripada ciri-ciri yang mewarisi tanah dari massa batuan asli. Pengaruh yang paling penting, sejauh ini, adalah iklim. Kedua vegetasi ini, itu sendiri ditentukan terutama oleh iklim. Tunggal yang paling ampuh faktor iklim adalah curah hujan. Potensi curah hujan dapat dilihat dari kenyataan bahwa semua tanah lembab di bagian timur Amerika Serikat berasal dari satu kelas dan praktis semua kering di bagian barat membuat kelas kedua, meskipun keragaman batuan dari kelompok-kelompok yang berbeda itu berasal. Dengan kata lain, itu membuat sedikit perbedaan di mana tanah berasal; jika dibiarkan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan, orang-orang yang ada di bawah kondisi serupa, dalam jangka panjang, datang sangat banyak yang sama. Terlepas dari derivasi asli atau sejarah geologi masa lalu, tanah yang telah mencapai kematangan dalam satu lingkungan akan lebih serupa daripada yang berasal dari sumber yang sama tetapi jatuh tempo di bawah kondisi yang kontras.
Pedalfer tanah. Tanah yang berkembang di bawah kondisi lembab dikenal sebagai pedalfers, yang berarti tanah yang mengandung aluminium dan besi. Mengembangkan tanah tersebut di mana curah hujan 25-30 inci atau lebih. Ini berarti bahwa tanah serta batu orangtua di bawah terus-menerus lembab, turun ke air permanen meja. Vegetasi alam yang berlaku dalam kondisi seperti itu adalah hutan. Dalam keadaan ini bahan-bahan larut yang di atasnya kesuburan tanah tergantung adalah, untuk yang lebih besar atau lebih kecil, membawa keluar dari tanah dan hilang dalam air drainase. Penghapusan ini tidak hanya terjadi selama proses evolusi dari tanah, tetapi juga sebagai bahan larut terbentuk melalui dekomposisi lebih lanjut. Sebagai hasilnya, pedalfer tanah relatif miskin. Isi materi mineral terlarut, terutama kalium signifikan, kalsium, dan fosfor, adalah rendah. Sebagai keseluruhan, pedalfers masih kurang pada semua unsur-unsur gizi utama, baik organik dan anorganik. Yang mereka miliki, singkatnya, yang kurang diinginkan fitur kimia. Meskipun bahan-bahan induk kaya dalam unsur-unsur yang membuat kesuburan tinggi yang pedalfers telah kehilangan bahan-bahan dan direduksi menjadi tanah kesuburan yang relatif rendah. Contoh ekstrim dari pedalfers adalah tanah laterit topik di mana hujan deras menyebabkan pencucian intensif. Tanah tersebut miskin dan dapat dibudidayakan secara kontinyu hanya dengan bantuan pupuk. Itulah salah satu alasan mengapa, di hutan hujan khatulistiwa ikat pinggang, tempat terbuka kecil ditanam hanya satu atau dua tahun dan kemudian diizinkan untuk kembali ke kondisi alami mereka.
Pedocal tanah. Tanah yang berkembang di bawah kondisi kering disebut pedocals, yang berarti tanah yang mengandung kalsium. Mereka terjadi di seluruh negara bagian barat Amerika, kecuali di sepanjang pantai pacific lebih lembab, tetapi tempat di sebelah timur.Mengembangkan tanah tersebut di mana curah hujan kurang dari 25 inci, di mana pasokan uap air tidak cukup untuk mempertahankan gerakan ke bawah yang terus-menerus uap air ke kedalaman tak terbatas. Vegetasi alami adalah nonforest, terdiri prevailingly rumput, kuas, dan semak. Kimia tanah yang telah mempertahankan pedocalic hampir semua zat-zat yang larut atas kesuburan yang tergantung, walaupun sudah ada beberapa transfer material dari satu cakrawala yang lain. Ciri-ciri fisik juga hadir tidak signifikan atau sangat sulit masalah dalam budidaya atau manajemen. Singkatnya, mereka telah mencapai semua fitur yang memiliki tanah yang baik.
Di negara-negara Amerika timur masalah besar dalam pertanian ada hubungannya dengan perlakuan yang tepat dari tanah. Pupuk buatan digunakan dalam jumlah yang sangat besar di timur, tetapi sedikit di barat. Keberhasilan pertanian di sebelah timur negara ini karena, tidak untuk tanah yang baik, tetapi curah hujan yang melimpah.
Di barat Amerika menyatakan kondisi sebaliknya. Kurangnya air adalah rintangan besar. Biaya lebih, pada kenyataannya, untuk memasok pupuk ke tanah pedalferic dari timur. Hanya sekitar 5 persen dari tanah barat di bawah irigasi budidaya. Budidaya luas tanah kering ini sebagian besar disebabkan kualitas tinggi mereka sebagai tanaman makanan. Jika karakteristik tanah timur (pedalfers) ada di mana-mana di negara barat ini dengan kondisi kering seperti sekarang, dapat dipastikan bahwa hampir tidak satu pun dari tanah akan dibawa dalam budidaya. Biaya pupuk, dikombinasikan dengan risiko curah hujan, akan membuat pertanian pada umumnya mahal. Di bawah kondisi sekarang, bagaimanapun, adalah tanah Barat dasarnya unleached dan mereka dapat dibudidayakan dalam skala besar pada biaya rendah. Masalah besar di wilayah barat tidak ada hubungannya dengan tanah, melainkan dengan perbaikan tanaman. Drouth-menolak biji-bijian, jerami tanaman, pohon dan tanaman yang dicari, atau varietas baru yang diturunkan. Tanah perawan yang sedang hingga tinggi di larut penting zat organik dan anorganik kecuali fosfor; dan proporsi zat mineral ini lebih tinggi dari yang berlaku di tanah pedalferic khas.
Pematangan tanah dari jenis pedocal. Pedocal tanah yang bervariasi dari Bumi atau chernozems hitam, yang banyak mengandung bahan organik, ke tanah padang pasir abu-abu, yang memiliki sedikit atau tidak ada materi organik yang hadir. Bumi hitam berkembang di daerah-daerah yang adil curah hujan, 25 inci atau lebih, dan merupakan biji-bijian besar wilayah di dunia. Ada juga coklat-coklat dan tanah coklat hitam perantara antara Bumi dan gurun tanah, kedalaman warna tergantung jumlah humus hadir.
















EXFOLIATION DOMES
(PENGELUPASAN KUBAH)

Massa batu besar yang homogen, ketika mengalami perubahan suhu, pecahan dari dalamnya berbentuk datar atau bulat lembaran atau serpih.
Dua teori telah dikemukakan untuk menjelaskan fenomena ini: Pertama, telah diusulkan bahwa pemisahan massa granit ke pelat melengkung adalah struktur asli, yang mungkin berasal dari kondisi batu yang pernah cair, kemungkinan dalam sifat aliran garis. Di sisi lain, beberapa baris bukti mendukung alternatif teori bahwa pengelupasan kulit akibat perubahan suhu. Struktur kubah tidak memanjang ke bawah dan ke dalam tanpa batas. Lempeng kurva, di mana mereka dapat dilihat pada penampang karena melanggar terpisah dari massa batu besar, biasanya menempati kedalaman tidak lebih dari 50 kaki. Hal Ini menunjukkan fenomena suatu permukaan daripada terjadinya suatu kedalaman. Selain itu, struktur ini tidak terbatas pada kubah-kubah, tetapi terjadi juga pada dinding lembah, di sisi punggung, dan bagian bawah melalui lembah-lembah. Karena bentuk kelengkungan biasanya disesuaikan dengan bentuk umum topografi, tampaknya perjuangan mereka terletak di suatu tempat di luar tubuh batu itu sendiri.
Argumen lainnya adalah bahwa pengelupasan struktur kubah terjadi di formasi seperti konglomerat, memotong struktur di beberapa tempat yang bersudut sangat tajam.
Dari Ketiganya, penjelasan yang diterima secara umum untuk pengelupasan adalah (a) perubahan musiman suhu menyebabkan ekspansi dan kontraksi dari batu yang cukup untuk mengupas permukaan (b) perluasan permukaan akibat hidrasi dari feldspars membentuk kaolin; (c) relief dari tekanan internal disebabkan oleh erosi massa permukaan.
         Ekspansi dan kontraksi permukaan batuan berdasarkan yang diketahui, koefisien ekspansi gneiss menghasilkan peningkatan panjang lebih dari ½ inci per 100 meter jika mengalami kenaikan suhu 100oF. Pada kedalaman tersebut lebih sedikit daripada ini karena kisaran suhu jauh lebih sedikit. Pada makanan di bawah permukaan penyusutan atau perluasan hanya satu sampai dua puluh banyaknya, rentang temperatur di sana menjadi hanya 5o. Namun, karena panjang permukaan ribuan kaki mungkin terkena, ketegangan antara bagian atas dan bawah sangat besar.
         Proses pengelupasan dalam dibantu oleh agen lain yang merusak. Celah-celah mikroskopik pertama kali dibuka oleh suhu strain memberikan akses untuk air, gas, dan mungkin tanaman. Kemungkinan bahwa perubahan-perubahan kecil suhu pada kedalaman 15 kaki lebih kuat daripada perubahan serupa yang berada di permukaan, karena batu-batuan di sana terbatas dan tidak bias mencari bantuan dari beberapa arah. Di daerah tertentu, seperti di Brazil, di mana permukaan datar gneiss yang besar secara terbuka terkena sinar matahari, besar serpih atau kerang kadang-kadang menonjol dan mengangkat menjauh dari massa yang lebih dingin di bawahnya. Jalan yang dilewati memancarkan satu gelombang bunyi seperti kuku binatang kuda.






















REGIONS WHERE EXPOLIATION DOMES OCCUR
(DAERAH DI MANA PENGELUPASAN KUBAH TERJADI)

         Pengelupasan kubah terjadi dalam berbagai kondisi iklim: saat hujan menyapu pegunungan di Norwegia, Sierra Nevada di California yang besalju, panas, dataran tinggi Brazil yang lembab, Gurun Kalahari yang kering. Dalam setiap lokasi, bagaimanapun, batu granit yang besar atau batuan beku, biasanya bertekstur kasar. Sambungan adalah terpisah berjauhan dan proporsi blok bergunung-gunung.
         Di Brazil, sekitar Rio de Janeiro, kubah ini naik 1.000 meter dan melebihi dari tepi air. Batu-batu di sini sebagian besar gneisses dan granit porphyritic. Terlepas dari kuatnya  gneiss, Pengelupasan telah mengembangkan puncak bulat tanpa kaitannya dengan struktur. Beberapa puncak menjadi tertutup dengan vegetasi tetapi wajah curam masih mengelupas dalam lembaran geser yang besar.
 Dalam wilayah granit Sierra Nevada, banyak puncak memiliki bentuk kubah. Beberapa yang simetris, dengan sekitar lingkaran atau oval basa, tetapi sebagian besar adalah satu-sisi atau tidak teratur. Sehubungan dengan ini bentuk kubah berkaitan erat dengan struktur. Granit dibagi menjadi pelat melengkung atau lembaran yang membungkus di sekitar bentuk topografi . Salah satu kubah ada di wilayah Yosemite Park, yang disebut Half Dome, menyajikan dinding tipis vertical di satu sisi, hal ini menjadi relatif segar bersama permukaan.
         Pegunungan domelike di padang pasir umumnya seperti bulat blok yang lebih kecil, berkisar dalam ukuran dari sebuah rumah ke telur. Di Semenanjung Sinai antara Asia dan Afrika, di Mesir, dan di gurun Nubia bentuk ini berlimpah. Ketika blok menjadi lebih kecil melalui pengelupasan kulit, mereka cenderung terbelah dua karena pemanasan berlebihan di satu sisi. Jika pemanasan di semua sisi kurang lebih seragam, pengelupasan lebih lanjut terjadi. Hujan tiba-tiba juga dapat menyebabkan keretakan di sepanjang bidang datar. Dengan demikian, satu hubungan mosaik dapat dihasilkan dan massa batu dipecah menjadi blok bersudut, yang lebih lanjut mengalami pelapukan menjadi bulat dan boulderlike. Permukaan padang pasir penuh dengan blok pendek ini, yang disebut "melon" oleh orang Arab.
        Pengelupasan kubah terjadi di bagian Adirondacks tempat homo-geneous, bertekstur batu beku. Daerah ini, sebagian besar syenite atau granit, rusak oleh faulting dalam unit-unit seperti papan catur raksasa. Secara komparatif glasiasi telah meninggalkan puncak tebal bebas dari tanah, persiapan untuk perubahan suhu. Puncak secara harfiah mengelupas oleh penghapusan pengelupasan lembar ukuran besar, beberapa sebanyak 50-75 meter dan tebalnya 1-3 kaki. Di mana batuan beku adalah gneissoid, yang pengelupasannya mengabaikan arah struktur dan lembaran besar gneissic sering datang daripada sudut kanan ke foliation. Ini kontras sekali dengan struktur schistose White Mountains, New Hampshire, di mana pengelupasan tidak pernah terjadi, batuan selalu berpisah sepanjang bidang dari batu tulis.





















LANDSLIDES
(TANAH LONGSOR)

Tanah longsor dan aliran batuan berbeda dengan creep (kecenderungan bahan padat untuk perlahan-lahan bergerak atau ubahlah secara permanen di bawah pengaruh tegangan) dari tanah dan solifluction dalam gerakan yang sangat mendadak dan biasanya melibatkan landasan dan tidak hanya tanah penutup. Sementara lereng kerucut dibentuk dengan cara melepaskan diri dari batu langkan, blok demi blok, tanah longsor melibatkan sebagian besar langkan itu sendiri dalam satu gerakan tiba-tiba.
    Dua macam faktor harus diteliti dalam mencari penyebab dasar tanah longsor. Pertama adalah topografi wilayah; kedua adalah struktur geologi, jenis batuan dan karakteristik fisik mereka. Tentu saja, penyebab langsung dari longsoran mungkin menarik. Ini mungkin disebabkan oleh gempa bumi atau hujan lebat yang terlalu menjenuhkan tanah, tetapi ini peristiwa insidental bukan penyebab mendasar.
    LOKASI tanah longsor. Penyebab fundamental yang pertama berkaitan dengan topografi, dan di bawah judul ini tampaknya ada empat situasi topografi yang mendukung terjadinya tanah longsor. Satu ide, bagaimanapun, terletak pada akar dari masing-masing empat situasi. Ada dalam semua kasus yang kecuraman lereng lebih besar daripada yang biasanya hasil dari pelapukan terus panjang dalam suatu wilayah. Kondisi oversteepened ini mungkin dapat diwujudkan dalam beberapa cara tetapi selalu hasil dari beberapa perubahan fisiografi yang relatif baru di wilayah yang telah mengganggu penerapan tertib permukaan tanah untuk kondisi cuaca. Misalnya, dinding lembah yang sangat curam dibawa oleh glaciation lokal suatu daerah. Palung glasial, dengan profil berbentuk U, mempunyai banyak sisi lebih curam daripada berbentuk V-lembah yang mendahului mereka. Berbentuk V-lembah mereka yang lebih lembut berutang lereng ke lambat dan berlangsung lama proses pelapukan, yang membawa mereka ke dalam penerapan kepada kekuatan-kekuatan yang berlaku di sana. Kesetimbangan tertentu dengan demikian didirikan. Glaciation mengganggu kondisi ini dengan cara memotong palung dengan lebih hampir vertikal dinding. Untuk alasan ini, longsoran dan tanah longsor sering terjadi di daerah pegunungan. Tahap awal ini dalam penerapan wilayah dengan kekuatan pelapukan secara alami yang paling keras.
    Situasi kedua kondusif untuk tanah longsor adalah kesalahan sepanjang lereng curam. Sebuah kesalahan membuat curam adalah fitur sekali tidak selaras dengan kekuatan pelapukan dan erosi. Kesetimbangan didirikan oleh pelapukan aktif yang mengakibatkan tanah longsor. Kesalahan blok di daerah lava pusat Washington dan di Great Basin dan kesalahan membuat curam di Colorado Plateau mengungkapkan fitur longsor. Mungkin yang paling dikenal longsor jenis ini adalah daerah "Hoodoos" dekat Mammoth Hot Springs di Yellowstone Park. Campur aduk ini massa blok besar, melalui jalan motor yang jalannya angin, terletak di garis patahan yang dominan mengendalikan Mammoth Hot Springs dan Gardiner River Valley.
    Jenis ketiga lereng tidak disesuaikan hasil dari peremajaan suatu daerah. Streaming melanjutkan kegiatan erosional mereka setelah istirahat berkepanjangan menghasilkan dinding lembah curam yang berada dalam ekuilibrium tidak stabil, yang siap mangsa kekuatan-kekuatan pelapukan. Bahkan, kehadiran landaian tanah longsor dan berlimpah kadang-kadang diambil sebagai bukti bahwa telah terjadi peremajaan. Sebagai contoh, di Grand Canyon kawasan yang indah longsor terjadi di sepanjang dasar Vermillion dan Echo Cliffs. Profesor Davis dalam mempelajari wilayah slide mengamati bahwa terjadi relatif dekat Sungai Colorado, sementara lebih jauh tebing memiliki profil jauh lebih matang seluruhnya tanpa longsoran. Dia menyimpulkan dari sini bahwa, oleh karena tanah longsor adalah karakteristik dari sebelumnya dan lebih energetika tahap siklus erosi, tampaknya mungkin bahwa longsoran tersebut harus terkait dengan kegiatan menghidupkan kembali dalam tahap muda siklus kedua erosi bukan dengan kegiatan yang memudar dalam tahap lanjutan siklus pertama.
    Situasi keempat adalah yang mendapat gelombang di sepanjang pantai di mana telah memotong kembali ke tanjung untuk membentuk tebing curam. Tanah longsor dalam kondisi seperti itu tidak lazim, seperti, misalnya, di sepanjang Selat Dover dimana tebing-tebing kapur, dirusak oleh laut, memberi jalan kepada massa merosot sangat besar dari batu dan tanah yang rusak.
    Dalam kaitan dengan pengaruh struktur geologi, itu cukup untuk mengamati bahwa dua kondisi yang kondusif terutama untuk batu tergelincir. Pertama, massa besar oleh kondisi batu serpih yang lemah, semua berjatuhan ke arah lembah, adalah, jika jenuh dengan air, kemungkinan meluncur di dip, yang serpih bertindak sebagai lapisan pelumas.
Di tempat kedua, setiap batu yang sangat hancur, atau yang dimakan cuaca sangat mendalam sehingga pada saat hujan lebat itu menjadi pucat massa,kemudian dengan tiba-tiba melepaskan diri dan mengalir, mungkin dengan kekerasan, ke tingkat yang lebih rendah.
Singkatnya, setiap struktur geologi atau kondisi batu yang memungkinkan kejenuhan lengkap dengan air tanah untuk melumasi massa, dan mengurangi gesekan internal menjadi minimal, bantuan pembangunan tanah longsor. Kombinasi dari kondisi-kondisi yang menguntungkan ini mengakibatkan tanah longsor, besar jumlah dan ukuran. seperti di daerah Gunung San Juan Colorado barat.
Akhirnya, kegiatan manusia kadang-kadang kondusif untuk tanah longsor, seperti, misalnya, di mana lereng oversteepening hasil dari pembangunan jalan, penggalian, dan lorong kereta api. Los Angeles dan Seattle memiliki keduanya mengalami destruktif longsor dalam beberapa tahun terakhir. Pengendara mobil yang diperingatan akan "hati-hati batu-batu jatuh" adalah pengamat tanah longsor dalam skala kecil. Untuk mencegah geser massa besar-direndam air tanah selama operasi konstruksi, insinyur mengeringkan tanah melalui pipa dan terowongan atau, dengan memasukkan pipa melalui itu, membekukannya secara artifisial.












CLASSIFICATION OF LANDSLIDES AND RELATED PHENOMENA
(KLASIFIKASI TANAH LONGSOR DAN FENOMENA TERKAIT)

Sebuah studi baru-baru ini, gerakan massa tanah dan batu oleh CF Sharpe Stewart, telah menghasilkan berbagai bentuk klasifikasi sistematis. Secara umum dikelompokkan, dari batu jatuh dan longsor di mana isi dari air dapat diabaikan melalui serangkaian bagian di mana jumlah air menjadi lebih besar dan lebih besar. Mendekati akhir dari lumpur yang mengalir di tanah benar-benar jenuh. Sheet wash akan menunjukkan sebuah kondisi yang lebih cair, dan akhirnya berakhir di sungai yang mengalir. Hal ini jelas, bahwa semua jenis gerakan tanah adalah bagian dari sistem kawasan drainase yang jelas dan bahwa tidak ada garis tajam yang memisahkan salah satu dari bagian berikutnya. Kehadiran banyak es tidak memodifikasi skema material, meskipun memperkenalkan beberapa istilah tambahan, seperti batu gletser.

Tiga kelas gerakan dapat diakui, sebagai berikut:
a.    Gerakan sangat cepat, yang terdiri dari geser dan gagal. Dalam kasus ini, kehadiran air atau es sebagai pelumas tidak diperlukan. Bentuk-bentuk hasilnya antara lain batu jatuh, batu longsor, dan puing-puing longsor.
b.    Flowage lambat, terjadi dalam material hanya sebagian jenuh dan menghasilkan batu creep, tanah creep, dan solifluction.
c.    Flowage cepat, terjadi karena hasil dari kejenuhan lengkap dari tanah bumi yang menyebabkan lumpur mengalir dan mengalir serta gerakannya masih lebih cepat dari sheet wash.

Hal ini jelas, bahwa pada lereng curam yang menurun - seperti dinding palung glasial, sepanjang kesalahan scarps, dinding lembah muda, dan tebing-tebing wavecut - batuan jatuh, longsor-longsor, longsoran, dan pemerosotan dapat terjadi, bahkan di bawah kondisi yang relatif kering. Tanah aliran creep dan bumi, tetapi permintaan kadar air besar serta lereng yang cukup curam, dan tentu saja, cenderung terjadi di tanah yang memiliki sifat tidak koheren plastik, seperti tanah liat dan serpih.

Lumpur mengalir dari hasil kombinasi di tingkat tinggi dari semua faktor hanya disebutkan: sejumlah besar volume air, gradien yang adil, dan terutama tanah licin plastik yang memungkinkan partikel-partikel bergerak bebas satu sama lain.

Sketsa yang menyertainya menggambarkan beberapa dari banyak rincian bentuk-bentuk ini, seperti teras miring ke belakang karena merosot, fitur-fitur yang terkadang disebut catsteps; Moraine yang bersifat seperti puing longsor dan cara yang menarik di mana mereka mendapatkan kembali pohon vertikal setelah membungkuk dari batu dan tanah merayap.





















MAPS ILLUSTRATING WEATHERING
(PETA MENGGAMBARKAN PELAPUKAN)

Ukuran kecil dari bentuk-bentuk topografi yang mencegah hasil dari pelapukan menunjukkan kepada mereka pada sebagian besar peta topografi. Tanah longsor yang besar kadang-kadang dapat diwakili. The red rock, wash., Sheet dengan jelas menunjukkan tanah longsor di sisi utara Gunung Saddle dengan depresi berbeda memisahkan bahan downfallen dari dinding di atasnya. The Malaga, Wash, sheet juga menunjukkan banyak tanah longsor. Pada Silverton, colo., segi empat beberapa tanah longsor digambarkan oleh kontur; yang sangat menonjol adalah di kepala Kendall Gulch, selatan Silverton. Skala kecil dari peta ini dan interval kontur yang besar menyebabkan bentuk-bentuk ini akan hilang dalam huruf tebal topografi daerah ini. Pada Silverton Folio, bagaimanapun, dapat ditemukan beberapa longsor/pemerosotan yang cukup besar untuk ditampilkan oleh kontur. Arus lumpur Slumgullion, dengan membendung Danau San Cristobal akan ditampilkan di San Cristobal, Colo, sheet. Yang mudah diperoleh Frank, Alberta, sheet dari Survey Geologi Kanada menunjukkan bahwa 20-kaki kontur tanah longsor besar tahun 1903, merobek sisi Turtle Mountain dan mengalir satu mil di seberang lembah, melenyapkan semua yang ada di jalan ini, termasuk Canadian Pacific kereta. Selain topografi yang membingungkan dari puing-puing tanah longsor, peta dengan jelas menunjukkan bekas luka besar yang ditinggalkan di lereng gunung.

PERBEDAAN PELAPUKAN DAN STRUKTUR BATU. Pengaruh pelapukan pada formasi dasar disambung dan ditampilkan dengan cara yang unik di Bern dan Coxsackie, NY, sheets. Dasar tersebut mencelupkan ke selatan dan dipotong oleh utara-selatan dan sendi timur-barat. Walaupun tidak ada perbedaan besar di dasar yang berbeda, cuaca telah mengembangkan serangkaian langkah-langkah dalam topografi.

Pelapukan dari patahan konkoidal atau sendi melengkung indah digambarkan di Yosemite Valley, California, sheet (skala 1: 24.000). Keterampilan yang tidak biasa ditampilkan dalam mewakili Royal Arches pada peta yang luar biasa ini menghasut kekaguman dari semua topographers. Lembah Yosemite peta yang juga menunjukkan Pengelupasan besar kubah yang mengatasi Sierra dataran tinggi serta tebing-tebing vertikal di sepanjang sendi di Half Dome dan Liberty Cap.

Yang berbeda dari pelapukan batuan dasar dengan horizontal adalah luar biasa, ditampilkan pada peta skala besar dari Grand Canyon, terutama Bright Angel dan Vishnu, Ariz, sheets. Setiap sedikit birai tahan terhadap singkapan yang mana diungkapkan oleh kontur, seperti kontras antara topografi dataran tinggi di dinding atas ngarai dan yang dihasilkan oleh batu-batu kristal dari Taman Granit.

Pada semua peta yang menunjukkan berbagai jenis struktur di kedua sedimen dan batu kristal, tapi terutama di daerah-daerah kering di mana detail yang tidak tertutup oleh tanah dan vegetasi, efek pengetsaan dari pelapukan yang berbeda ditampilkan dengan berlimpah.

WEATHERING (PELAPUKAN) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin

1 komentar:

  1. makasih banyak ya mas. membantu banget buat tugas geomorfologi saya :)

    ReplyDelete

Terima Kasih telah mengunjungi blog saya. Mohon kritikan dan sarannya ya :)

Featured Post

#25 Meraba Urat Nadi Kehidupan di Pulau Larat

Nelayan di Pulau Larat Geliat kehidupan di Pulau Larat dapat diraba dari interaksi warga pada sumber daya alam, tradisi, da...

Visitors