Putera Bangsa Memperoleh Gelar Penghargaan DR (HC) dari Inggris

(UI [berita]) Bertempat di Universitas Loughborough, Leicestershire, Inggris, Rektor Universitas Indonesia, Prof. Dr. der Soz. Gumilar Rusliwa Somantri menerima penganugerahan gelar Doktor (HC) dalam bidang Science (Doctor of Science) dari Universitas Loughborough, Inggris. Prosesi penganugerahan ini diberikan oleh Sir Nigel Rudd, Chancelor Universitas Loughborough, dihadapan para Guru Besar dan sekitar 2000 lulusan baru universitas tersebut. Duta Besar Indonesia untuk Inggris, H.E. Yuri Octavian Thamrin; Ketua MWA Universitas Indonesia, dr. Purnomo Prawiro serta Prof Biran Affandi ketua DGB UI turut hadir di acara, dimana Prof. Gumilar membawakan pidato ilmiah bertajuk “Building the University of Tomorrow”.“Salah satu latar belakang dari penghargaan ini diberikan kepada Prof. Gumilar karena dedikasi yang tinggi dalam mendorong UI membangun reputasi yang luas di kalangan internasional melalui kemajuan dalam bidang kerjasama penelitian. Dan kemajuan tersebut tidak lain berkat transformasi yang dilakukan oleh Rektor UI” ujar Prof. Chris Backhouse, dari Universitas Loughborough dalam orasi penganugerahan Doktor HC.
“Penghargaan ini merupakan sebuah apresiasi tidak hanya bagi UI, tetapi bagi masyarakat Indonesia, khususnya pemerintah Republik Indonesia, yang telah mendorong perguruan tinggi di tanah air untuk terus meningkatkan kualitas akademik dan riset yang kelak mampu mengulang sejarah bangsa ini menghasilkan karya akademik seperti nobel, yang bermanfaat luas bagi kehidupan masyarakat dunia.” imbuh Gumilar Somantri yang merupakan Rektor termuda sepanjang Universitas Indonesia. “Melalui semangat membangun peradaban yang lebih baik, Indonesia pasti mampu meningkatkan level of knowledge dari masyarakat luas. Dan hal ini dapat diwujudkan diantaranya melalui pembangunan pendidikan yang berkeadilan dan bemartabat,” imbuh Gumilar, yang berharap dalam waktu 10 tahun ke depan dapat melihat Indonesia memiliki minimal 1 juta penduduk bergelar Doktor. Sebagai informasi, di Israel, per 50 orang penduduk, terdapat 1 orang penduduk bergelar Doktor.
Universitas Loughborough  selama empat tahun berturut-turut (2006 hingga 2009) dinobatkan sebagai universitas terbaik di Inggris untuk kategori The Best Student Experience. Berbagai hasil riset di bidang teknologi dari Univesitas yang telah berdiri selama 100 tahun ini, telah dinikmati secara luas oleh masyarakat dunia diantaranya yang terkini bola “Jabulani “ yang digunakan di Piala Dunia, Afrika 2009 merupakan hasil riset yang dikembangkan oleh Departemen Teknik dan Aeronatika Universitas Loughborough; Teknologi *zero emission* bagi pengguna motor Suzuki di dunia; dan masih banyak hasil lainnya.
Kerjasama UI bersama Universitas Loughborough dan Oxford telah dirintis dengan dengan terbentuknya Center for Ageing Studies. Hasil riset dalam bidang ini menjadi penting untuk menciptakan komunitas manula yang sehat dan juga produktif. Program ini merupakan respon UI terhadap realitas sosial, dimana keluarga Indonesia telah bertransformasi menjadi keluarga nuklear yang mandiri. Sehingga di masa datang masyarakat lanjut usia Indonesia dapat tumbuh menjadi komunitas yang sehat, mandiri dan produktif.
“Penganugerahan ini juga menandai semakin besar kepercayaan dan penghargaan yang diberikan masayarakat Eropa khususnya Inggris bagi kemampuan dan prestasi bangsa Indonesia. “Perayaan” terhadap penganugerahan ini dapat diwujudkan melalui semangat membina berbagai kerjasama riset antar dua negara. Inggris merupakan negara tujuan utama para calon ilmuwan di Eropa. Sudah barang tentu, bertolak dari pengalaman ini, kita harus terus berupaya membina kedekatan yang sudah dibangun hampir 200 tahun bersama Inggris,” tambah Yuri Thamrin, Dubes Indonesia untuk Inggris.
Untuk menandai penganugerahan tersebut, dilakukan kegiatan penanaman pohon. “Pohon sebagai simbol  bahwa Indonesia, diwakili oleh UI telah menjadi bagian dari keluarga besar masyarakat Inggris. Pohon menandai bahwa sebuah hubungan harus terus dipupuk, hingga menjadi pohon yang besar dan rindang, yang mampu memberikan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan,” tambah dr. Purnomo Prawiro, Ketua MWA UI. (Devie)

Source: http://www.ui.ac.id/id/news/archive/4545

Putera Bangsa Memperoleh Gelar Penghargaan DR (HC) dari Inggris Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih telah mengunjungi blog saya. Mohon kritikan dan sarannya ya :)

Featured Post

#25 Meraba Urat Nadi Kehidupan di Pulau Larat

Nelayan di Pulau Larat Geliat kehidupan di Pulau Larat dapat diraba dari interaksi warga pada sumber daya alam, tradisi, da...

Visitors