#20 Tentang Arti Memberi

Dalam hidup terkadang kita mengharapkan sesuatu yang berlebih dari orang lain atas setiap apa yang kita lakukan. Manusia memang makhluk yang pada dasarnya senang diberikan suatu bentuk penghargaan. Terkadang juga lupa arti sebuah penghargaan tersebut. Terlenakan oleh manisnya kecapan kehidupan.

Ada manusia di mana dia dalam hidupnya berprinsip layaknya keran air yang selalu terbuka mengalir airnya. Manusia yang selalu memberi memberi dan memberi demi kebermanfaatan orang lain. Tidak banyak manusia yang bisa seperti itu. Mereka percaya bahwa dengan memberi mereka akan lebih bahagia dalam hidupnya.
Memberi sangat luas makna dan persepsi dari masing-masing insan manusia. Memberi bisa diartikan dalam bentuk materi maupun rohani.  Memberi juga disesuaikan dengan kemampuan dari masing-masing. Disesuaikan dengan kadar modalitas yang akan diberikan, disesuikan dengan takaran yang dimiliki. Jangan sampai dibawa dalam bentuk beban. Yang justru membuat kita setengah hati dalam melakukannya.

Ada bentuk lain dari sebuah pemberian yang bisa membuat kita berubah menjadi pribadi-pribadi yang lebih baik. Memberi semangat dan inspirasi. Sebagai salah satu bentuk energi positif yang akan membangun hati dan jiwa kita. Inspirasi bisa datang dari mana saja dan kapan saja entah itu disadari atau tidak akan kehadirannya. Inspirasi memberi kita sentuhan dan stimulus yang merasuki jiwa. Inspirasi yang membuat insan saling merefleksi diri akan sebuah perjalanan yang telah dillaluinya. Refleksi untuk merenung kembali jejak jejak langkah kehidupan. Inspirasi memberi arti lebih, memberi sentuhan pembangkit enrgi yang membuat kita berpikir kembali ke arah yang lebih baik. Inspirasi yang datangnya dari hati akan memberikan sentuhan yang lebih besar dan menmbuat tersadar atas sekerjap keterlenaan yang menghampiri.

Inspirasi untuk selalu memberi sungguh inpirasi yang cukup membuat tersadar. Inpirasi itu datang dari seorang perempuan sederhana. Memberi dengan tulus akan membuat orang lain untuk tergrak hatinya melakukan hal yang sama. Sungguh indah dunia ini jika semua orang saling memberi dari hati. Di sisi lain memberi, kita juga harus belajar menerima dengan tulus dan menyikapi segala bentuk penerimaan dengan bijak disertai energi positif, tidak ada prasangka yang timbul dalam menerima pemberian. Dalam istilah Jawa disebutkan mengenai pentingnya “legawa” atau ikhlas dalam memberi maupun menerima. “Lilo legawa” kata sederhana dalam makna dalam hidup. Mencoba memahami realita dengan sejuta makna terkadang sulit untuk menerima dengan hati. Perlu keseimbangan dalam hidup antara memberi dan menerima.

#20 Tentang Arti Memberi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih telah mengunjungi blog saya. Mohon kritikan dan sarannya ya :)

Featured Post

#25 Meraba Urat Nadi Kehidupan di Pulau Larat

Nelayan di Pulau Larat Geliat kehidupan di Pulau Larat dapat diraba dari interaksi warga pada sumber daya alam, tradisi, da...

Visitors