About OIM UI 2010

Pendahuluan
“Seribu orang tua dapat bermimpi,
Satu pemuda dapat mengubah dunia.”
-Bung Karno
Pembangunan yang tengah berlangsung di Indonesia tidak terlepas dari suatu konsep yang bernama sustainable development. Melalui konsep ini, pembangunan yang terjadi tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan generasi saat ini, tetapi juga untuk generasi masa depan.
Pada akhirnya, penerapan pembangunan berkelanjutan diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan dan kualitas kehidupan serta lingkungan yang tetap memperhatikan pemenuhan kebutuhan generasi mendatang. Pembangunan berkelanjutan  memiliki konsentrasi pada lingkup pembangunan ekonomi, sosial, dan lingkungan. Sektor pendidikan sangat penting sebagai instrumen untuk mendidik individu, bukan hanya menjadi cerdas, namun juga bermoral dan bertanggung jawab terhadap kehidupan generasi kini dan masa depan.
Salah satu program Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) adalah Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) yang diadakan setahun sekali sebagai wadah kompetensi mahasiswa dari seluruh Universitas di Indonesia untuk menunjukan gagasan kreatif dan inovatifnya dalam menyelesaikan permasalahan di Indonesia.
Olimpiade Ilmiah Mahasiswa Universitas Indonesia (OIM UI) adalah kegiatan ilmiah yang mewadahi serta mengembangkan potensi mahasiswa Universitas Indonesia, yang tujuan besarnya adalah PIMNAS. Melalui kegiatan berupa kompetisi karya ilmiah tersebut, mahasiswa UI, sebagai pemuda Indonesia, dapat terpacu untuk berkompetisi guna menghasilkan karya terbaiknya.
OIM UI juga akan dijadikan ajang untuk menyosialisasikan serta menyelenggarakan kompetensi seperti mini-PIMNAS di Universitas Indonesia. Selain itu, OIM akan memfasilitasi pengiriman karya tulis PKM ke DIKTI untuk mengikuti seleksi pendanaan, yang merupakan salah satu tahapan menuju PIMNAS. Tujuan akhirnya adalah adanya peningkatan partisipasi mahasiswa UI untuk menjadi peserta dalam PIMNAS.
Dengan demikian, kegiatan ini dapat membangun karakter kompetitif pemuda dan dapat memacu pemuda untuk berkontribusi bagi pembangunan yang berkelanjutan melalui karya ilmiah yang dihasilkannya.

Nama Kegiatan
Olimpiade Ilmiah Mahasiswa Universitas Indonesia (OIM UI 2010)
Tema Kegiatan
“Meningkatkan Daya Saing Bangsa Dalam Pembangunan Berkelanjutan”

Tujuan
Sejalan dengan latar belakang yang telah dijabarkan sebelumnya, OIM 2010 dilaksanakan dengan tujuan untuk:
  1. Mengumpukan karya tulis mahasiswa untuk dikirimkan ke DIKTI dalam rangka mengikuti seleksi Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2011.
  2. Mensosialisasikan PIMNAS kepada mahasiswa UI, dengan membuat OIM 2010 seperti mini-PIMNAS. Sehingga membuat karya tulis PKM yang dikirim ke DIKTI meningkat dari tahun ke tahun.
  3. Membangun budaya ilmiah di kalangan mahasiswa Universitas Indonesia dengan semangat kompetisi sebagai wujud kontribusi bagi pembangunan berkelanjutan bangsa.
  4. Menghasilkan karya tulis ilmiah mahasiswa UI sebagai sumbangan dan masukan baik bagi kalangan internal kampus maupun masyarakat umum dalam membantu mengatasi berbagai persoalan di Indonesia.
Paramater Keberhasilan
Kuantitatif
  1. Proposal PKM-GT yang masuk ke panitia OIM UI sebanyak 37 buah, PKM-K sebanyak 30 buah, PKM-M sebanyak 27 buah, dan PKM-P sebanyak 27 buah.
  2. Esai pemikiran kritis dan poster inspiratif yang masuk ke panitia OIM UI sebanyak 37 buah.
  3. Terdapat 13 tim debat Indonesia, debat Inggris, dan OIM Quiz dari 13 fakultas di UI.
  4. Peserta parade terdiri dari 13 fakultas di UI, tiap-tiap fakultas membawa massa minimal 15 orang.
  5. Peserta seminar nasional dan pengumuman juara umum OIM UI 2010 mencapai masing-masing 150 orang dan 200 orang.
  6. OIM UI 2010 dapat menyalurkan paling tidak 160 proposal dari seluruh proposal PKM yang ada di seluruh falutasi di UI ke DIKTI untuk mengikuti seleksi pembiayaan menuju PIMNAS 2011.
Kualitatif
  1. Ketepatan waktu saat rapat bidang dan pleno, toleransi keterlambatan 15 menit.
  2. Ketepatan waktu peserta dalam mengumpulkan karya atau laporan nama kontingen fakultas ke panitia OIM UI.
  3. Semua bidang bekerja mengikuti dan sesuai dengan timeline masing-masing divisi dan timeline besar OIM UI.
  4. Antusiasme peserta saat mengikuti masing-masing lomba (serius, semangat, menyimak)
  5. Antusiasme supporter saat menyemangati kontingennya (teriak “semangat”, yel-yel fakultas, menari-nari, wajah berseri-seri, tertawa, menyimak, atau terlihat tegang)
  6. Pembukaan meriah, minimal warga fakultas tempat opening ceremony diselenggarakan tahu bahwa hari itu ada pembukaan OIM UI 2010.
  7. Juri kredibel dan berkualitas.
  8. Complain kontingen, dari awal sampai akhir, untuk tiap mata lomba di bawah lima complain. Misalnya, debat inggris mendapat complain di bidang acara dua kali, konsumsi sekali, dan penjurian sekali, maka dapat diindikasikan bahwa OIM UI 2010 sukses menurut parameter keberhasilan kami.
  9. Rektor atau minimal Direktur Kemahasiswaa dapat memberikan Piala Rektor kepada juara umum OIM UI 2010
10.  Acara pada hari-H berjalan dengan lancar, tertib dan aman. Tidak ada rusuh, bentrok, saling ejek yang destruktif antar fakultas.

Sasaran
Mahasiswa reguler, paralel, dan vokasi Universitas Indonesia.

Waktu dan Tempat
Hari dan Tanggal                      : Senin-Jumat , 4-8 Oktober 2010
Waktu : 09.00 – 17.00 WIB
Tempat : Kampus Universitas Indonesia, Depok dan
Salemba
Sumber: http://oim-ui.co.cc/about

About OIM UI 2010 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih telah mengunjungi blog saya. Mohon kritikan dan sarannya ya :)

Featured Post

#25 Meraba Urat Nadi Kehidupan di Pulau Larat

Nelayan di Pulau Larat Geliat kehidupan di Pulau Larat dapat diraba dari interaksi warga pada sumber daya alam, tradisi, da...

Visitors