Deskripsi Kegiatan
OIM UI 2010 memiliki dua inti rangkaian acara, yakni acara utama (mata lomba) dan acara pendukung. Acara lomba terdiri atas 9 mata lomba yakni: PKM-GT, PKM-P, PKM-K, PKM-M, Esai pemikiran kritis, Debat Inggris, Debat Indonesia, Poster kreatif, dan OIM Quiz. Sedangkan acara pendukung terdiri atas dua rangkaian acara yakni opening dan closing ceremony.
  1. a. Opening
Acara opening dari OIM 2010 ini dimulai dengan parade yang diikuti oleh semua kontingen tiap fakultas di Universitas Indonesia.
Tema yang diangkat untuk parade dan opening ini adalah “Tunjukkan Warnamu”. Berdasarkan tema ini, setiap kontingen akan menampilkan warna fakultas serta kekhasan dari fakultas masing-masing. Warna di sini tidak hanya menunjukkan warna fakultas secara harfiah (contoh, warna ungu melambangkan FKM), namun juga kekhasan dari tiap fakultas yang akan ditampilkan dalam parade. Oleh karena itu, setiap kontingen diharuskan mengenakan atribut dengan warna yang sesuai dengan warna fakultas masing-masing. Setiap kontingen juga diharuskan untuk membuat yel-yel untuk menonjolkan warna dari kontingen masing-masing fakultas. Yel ini yang akan ditampilkan di dua pos penilaian pada rute yang akan dilalui saat parade.
Rute parade yaitu MUI- Stasiun UI- Halte FISIP- Auditorium gedung IX FIB. Terdapat 2 pos untuk melakukan penilaian, pertama di Halte Stasiun UI dan kedua di Halte FISIP UI. Setelah melalui kedua pos tersebut, peserta parade langsung menuju Auditorium gedung IX FIB, di mana acara opening ceremony akan dimulai. Pada opening ceremony ini, acara OIM UI 2010 akan resmi dibuka oleh Rektor UI. Akan ada hiburan selama acara berlangsung, seperti Tari Jaipong.
Pemilihan fakultas terfavorit dalam parade dinilai dari indikator: kesesuaian dengan tema parade, kreativitas dan atraksi, kekompakkan kontingen dalam parade, serta jumlah orang yang ikut serta dalam parade.
  1. b. Esai Pemikiran kritis
Kompetisi esai pemikiran kritis ini merupakan kompetisi dalam bentuk tulisan ilmiah yang bersifat mengkritisi kebijakan pemerintah disertai usulan perbaikan maupun gagasan baru atas kritisan tersebut.. Tema yang diangkat adalah “Kritisasi Kebijakan Pemerintah dalam Rangka Pembangunan Berkelanjutan Dilihat dari bidang Ekonomi, Lingkungan, atau Kesejahteraan Sosial”.
Setiap fakultas berhak mengirimkan maksimal tiga orang delegasi terbaiknya di kompetisi ini. Kemudian akan dilakukan seleksi tulisan oleh dewan juri untuk menentukan peringkat satu, dua, dan tiga tingkat fakultas. Peringkat satu dari setiap fakultas berhak untuk mempersentasikan hasil tulisannya ke dewan juri pada minggu puncak OIM, peringkat dua dan tiga fakultas akan mendapat penghargaan berupa sertifikat dari panitia OIM. . Kompetisi ini memperebutkan Juara 1, 2, dan 3.
  1. c. Debat Indonesia
Kompetisi ini berusaha menemukan bakat-bakat berpikir kritis dalam mempertahankan argumen serta menyampaikannya secara sistematis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Setiap fakultas berhak mengirimkan maksimal satu tim  yang terdiri 3 orang delegasi terbaiknya di kompetisi ini. Kompetisi ini menggunakan sistem tiga kali preliminary di awal, dan sistem gugur di semifinal dan final. Kompetisi ini memperebutkan Juara 1, 2, dan 3.
  1. d. Debat Inggris
Kompetisi ini berusaha mewadahi mahasiswa yang memiliki bakat berfikir kritis, mempertahankan argumen atau menyerang argumen lawannya secara logis dengan menggunakan bahasa Inggris. Setiap fakultas berhak mengirimkan maksimal satu tim yang terdiri 3 orang delegasi terbaiknya di kompetisi ini. Kompetisi ini menggunakan sistem tiga kali preliminary di awal, dan sistem gugur di semifinal dan final. Kompetisi ini memperebutkan Juara 1, 2, dan 3.
  1. e. Program Kreativitas Mahasiswa-Gagasan Tertulis (PKM-GT)
Kompetisi ini diselenggarakan untuk menjaring gagasan-gagasan baru berbentuk tulisan ilmiah dari mahasiswa guna menyikapi permasalahan masyarakat yang baru-baru terjadi baik dalam bidang Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, pendidikan, maupun seni. Selain itu, diharapkan dari ajang ini munculnya bibit-bibit baru yang siap melaju pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) yang diselenggarakan oleh DIKTI.
Setiap fakultas berhak mengirimkan maksimal tiga tim (2-3 orang) delegasi terbaiknya di kompetisi ini. Kemudian akan dilakukan seleksi tulisan oleh dewan juri untuk menentukan peringkat satu, dua, dan tiga tingkat fakultas. Peringkat satu dari setiap fakultas berhak untuk mempersentasikan hasil tulisannya ke dewan juri pada Minggu puncak OIM, peringkat dua dan tiga fakultas akan mendapat penghargaan berupa sertifikat dari panitia. Komposisi penilaian karya tulis 60 persen dan presentasi 40 persen. Kompetisi PKM-GT memperebutkan Juara 1, 2, dan 3.

Lomba Proposal PKM Non-Presentasi
Ada tiga Lomba Proposal Program Kreativitas Mahasiswa yang tidak dilakukan penilaian presentasi, jadi hanya dilakukan penilaian terhadap proposal. Pada mata lomba PKM ini pihak panitia OIM tidak memberikan anggaran yang diajukan dalam proposal PKM, namun mengapresiasi gagasan-gagasan dalam proposal tersebut dengan memberi hadiah kepada Juara 1, 2, dan 3 dalam bentuk hadiah lomba dari panitia OIM UI 2010.

Ketiga mata lomba PKM tersebut adalah:
  1. f. Lomba Proposal Program Kreativitas Mahasiswa-Kewirausahaan (PKM-K)
Kompetisi karya tulis mahasiswa ini sengaja diselenggarakan untuk menjaring gagasan-gagasan baru berbentuk proposal ilmiah dari mahasiswa dalam bidang kewirausahaan.

  1. g. Lomba Proposal Program Kreativitas Mahasiswa-Masyarakat (PKM-M)
Kompetisi karya tulis mahasiswa ini sengaja diselenggarakan untuk menjaring gagasan-gagasan baru berbentuk proposal ilmiah dari mahasiswa dalam bidang pengabdian masyarakat.

  1. h. Lomba Proposal Program Kreativitas Mahasiswa-Penelitian (PKM-P)
Kompetisi karya tulis mahasiswa ini diselenggarakan untuk menjaring gagasan mahasiswa mengenai pengajuan sebuah penelitian (proposal penelitian) dari berbagai bidang peminatan. Tema sesuai dengan tema besar OIM yakni Meningkatkan Daya Saing Bangsa dalam Pembangunan Berkelanjutan. Pihak panitia tidak membiayai penelitian tersebut.
  1. i. Poster kreatif
Dari kompetisi ini diharapkan tergali talenta mahasiswa yang kreatif dalam menuangkan idenya dalam bentuk desain yang disusun sedemikian rupa untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat akan gagasan yang diberikan secara baik dan tepat sasaran.  Tema poster sendiri adalah “Semangat Pemuda dalam Membangun Bangsa di Era Kompetitif”.
Setiap fakultas berhak mengirimkan maksimal 3 orang delegasinya untuk mengirimkan hasil posternya (maksimal 1 orang 1 poster) di kompetisi ini. Poster kemudian akan dinilai oleh dewan juri yang telah ditunjuk oleh panitia yang kemudian akan ditentukan poster terbaik 1, 2, 3, dan juara favorit. Selain itu, pada mata lomba ini juga diperebutkan kategori poster favorit yang berdasarkan pilihan mahasiswa UI melalui voting, secara online melalui website resmi OIM UI. Peserta dengan poster yang terfavorit akan mendapatkan hadiah hiburan dari panitia.

  1. j. OIM quiz
OIM quiz adalah kompetisi kelompok yang memadukan wawasan, kreativitas, dan kekompakan kelompok. Setiap fakultas berhak mengirimkan maksimal satu tim (terdiri atas 15 orang yang dipilih secara otonom oleh masing-masing fakultas). Kompetisi ini didahului dengan kompetisi grup. Dibagi menjadi Grup A dan grup B, masing-masing terdiri 6 tim dari fakultas-fakultas di UI. Pembagian group akan dilakukan dengan undian. Setiap pertandingan dimulai dengan menampilkan yel-yel dari masing-masing tim. Kemudian, panitia akan memberikan pertanyaan awal bagi setiap anggota tim guna mendapatkan satu orang tiap tim untuk maju ke babak berikutnya. Tiga perwakilan terbaik dari masing-masing grup berhak maju ke babak final OIM QUIZ 2010.
Kompetisi ini memperebutkan Juara 1, 2, dan 3. Selain itu pada kompetisi grup dan kompetisi final masing-masing akan dipilih penampilan yel terkreatif dan terkompak. Pemenangnya akan memperoleh hadiah hiburan dari panitia.
  1. k. Closing
Pada acara closing OIM 2010 ini, akan terdapat 3 rangkaian acara yang terkait satu sama lainnya, yaitu :
Seminar Nasional
Acara closing untuk OIM ini mempunyai konsep seminar Nasional yang bertemakan sama dengan tema besar OIM, yaitu Sustainable Development. Seminar ini membahas tentang peran pendidikan dalam bidang kesejahteraan sosial, ekonomi, dan lingkungan. Dengan menghadirkan keynote speaker 3 pembicara berskala nasional dalam untuk 3 bidang tersebut. Peserta seminar ini akan mendapatkan sertifikat keikutsertaan mereka dalam seminar ini.. Pada akhir dari seminar ini akan dilanjutkan dengan menampilkan hiburan berupa tari daerah. Puncak acara closing OIM 2010 sendiri adalah pengumuman pemenang masing-masing lomba dan juara umum OIM 2010.
Pameran Produk Inovatif Mahasiswa
Selain seminar PIMNAS terdapat pula pameran hasil karya (produk inovatif) mahasiswa UI. Pameran ini adalah acara yang mewadahi produk-produk inovatif yang telah dibuat oleh mahasiswa dalam menjawab permasalah bangsa. Tema Pameran mengacu pada tema besar OIM yakni pembagunan berkelanjutan di bidang Ekonomi, Lingkungan, dan Kesejahteraan Sosial. Pameran diikuti oleh 10 tim yang lolos seleksi awal panitia, dan disediakan hadiah bagi tim terbaik di tiap kategori. Kategori pameran adalah sosial dan humaniora, sains dan teknologi, serta kesehatan.
Produk yang dipamerkan dapat berupa produk nyata ataupun rekaman dari produk tersebut. Pameran berlangsung selama dua hari bersamaan dengan pelaksanaan final lomba debat Inggris (Kamis, 14 Oktober 2010) dan Seminar serta Workshop PIMNAS (Closing OIM, Jumat 15 Oktober 2010).
Pada hari kedua, yaitu pada acara closing pameran ini akan ditempatkan diluar dari tempat seminar PIMNAS dengan menggunakan stand untuk tiap timnya. Para peserta akan mempresentasikan produknya di depan juri yang akan mendatangi satu per satu stand yang ada. Juri berasal dari 3 rumpun ilmu yang berbeda (sosial humaniora, sains dan teknologi, serta kesehatan). Juga akan didatangkan dari pihak industri dan LSM untuk menjadi Undangan, seperti Shell, Chevron, Astra, BP Migas, Toyota, WALHI, Green Peace, dan sebagainya. Pihak Industri dan LSM Lingkungan tersebut diharapkan dapat menjadi sponsor untuk pameran OIM.

Pameran Poster Kreatif
Pada hari terakhir akan ada pameran poster kreatif dari tiap-tiap fakultas di Universitas Indonesia. Tujuannya adalah memamerkan hasil karya kreatif dalam bentuk poster mahasiswa UI, terkait dengan tema “Semangat Pemuda dalam Menghadapi Era Kompetitif.”
Sumber: http://oim-ui.co.cc/konten-oim-ui