IJJSS Chiba Japan 2012

Tulisan ini diterbitkan dalam majalah Geospasial Volume 10 / No. 3 / Desember 2012 ISSN No. 1858 - 3725 Download Majalah

Jejak Petualangan Anak Geografi UI 2009 di Negeri Matahari Terbit
 (The 5th Indonesia Japan Joint Scientific Symposium (IJJSS) Chiba, Japan 2012)

IJJSS (Indonesia Japan Joint Scientific Symposium) dimulai pada tahun 2004. IJJSS adalah kegiatan utama yang merupakan hasil kerjasama atau kolaborasi antara Universitas Indonesia dan Chiba University. Pertama kali, kegiatan ini diadakan di tahun 2004 di Chiba University, Jepang. Dan di tahun ini, Chiba University kembali terpilih untuk menjadi tuan rumah The 5th IJJSS ini di selenggarakan pada tanggal 25 sampai 28 Oktober 2012. Simposium ini diselenggarakan untuk menjadi wadah atau tempat berbagi dan mendiskusikan berbagai isu dan perkembangan ilmu di bidang sains dan teknologi. Simposium dihadiri 115 partisipan berasal dari delapan negara berbeda, dan sebanyak 9 Perguruan Tinggi dari Indonesia berpartisipasi dalam simposium kali ini. Selain itu juga dalam symposium ini  terdapat 14 sesi diskusi terkait tema-tema saintifik. Adapun misi dari acara ini adalah untuk memberikan ruang bagi mahasiswa dan para peneliti dari Universitas di Jepang dan Universitas di Indonesia untuk mengemukakan ide dan gagasan, agar dapat merangsang terciptanya para ahli sehingga memberikan sumbangsih bagi kemajuan ilmu pengetahuan.

Pada kesempatan kali ini, alhamdulillah kami (Wido Cepaka Warih, Fidelis Awig, Abdul Aziz) dari Geografi UI angkatan 2009 mendapatkan kesempatan untuk mengikuti acara ini dengan mengirimkan dua paper yang berjudul “Prediction of Geothermal Manifestations Area Using Aster Imagery in North Sukabumi, West Java, Indonesia” dan “Carbon Stock Estimation of Peatland use Alos Palsar in Kampar Peninsula, Riau Province, Indonesia”. Pada awalnya tim kami yang berjumlah lima orang yang terdiri dari Wido Cepaka Warih, Ibni Sabil, Miqdad Anwarie, Fidelis Awig dan Abdul Aziz berniat untuk berangkat semuanya, tetapi dengan berbagai pertimbangan diputuskan hanya kami bertiga yang berangkat. Pada hari pertama tanggal 25 Oktober 2012 dimulai dengan registrasi dilanjutkan dengan pembukaan secara resmi oleh Prof. Koichi Ito selaku ketua penyelenggara IJJSS Chiba 2012. Pada kesempatan ini pihak dari Universitas Indonesia diwakili oleh Bapak Bambang selaku Dekan dari Fakultas Teknik. Acara dilanjutkan dengan makan siang bersama dan presentasi paper bertempat di Academic Link, Chiba University Library. Kami mendapatkan jadwal presentasi hari pertama di bidang Remote Sensing dengan kode RS08.

Di sesi kali ini kami banyak belajar bahwa proses dalam mencapai suatu tujuan itu sangat penting dan apapun yang kita lakukan saat ini akan berarti bagi perjalanan hidup kita kelak. Kita belajar bagaimana berbicara di depan civitas akademika dari berbagai negara (masyarakat internasional), bagaimana menerima kritikan dan pendapat dari peserta serta dukungan terhadap penelitian yang kami lakukan saat ini agar jangan berhenti sampai di sini, diharapkan untuk melanjutkan penelitian tersebut. Selain oral presentation, kami juga menyertakan poster untuk paper dengan judul “Carbon Stock Estimation of Peatland use Alos Palsar in Kampar Peninsula, Riau Province, Indonesia”. Program IJJSS 2012 pada hari pertama diakhiri dengan pameran poster di Center for Environment Remote Sensing (CEReS).

Program hari kedua IJJSS 2012 masih dilanjutkan dengan presentasi paper dari 9 tema diskusi dimulai dari pukul 08.30 sampai pukul 15.00 waktu setempat. Malam harinya, merupakan acara yang kami tunggu-tunggu sekaligus penutupan IJJSS 2012 ini, yaitu makan malam bersama (Banquet) dengan sistem standing party dimulai pada pukul 19.00 waktu setempat bertempat di Colza, Keyaki Kaikan Hall. Dalam acara makan malam ini tersedia berbagai ragam makanan khas Jepang yang tersaji di meja dengan minuman salah satu yang khas dan sudah dikenal adalah sake. Akan tetapi, kita minum untuk jenis minuman yang satu ini, diganti dengan minuman lain berupa jenis sirup dengan rasa yang khas agak keasaman. Pada acara malam hari yang cukup istimewa ini diakhiri dengan pembagian sertifikat kepada peserta IJSS 2012. Walaupun secara resmi acara IJJSS 2012 ditutup pada malah hari ini, bukan berarti acara berhenti sampai di sini, karena masih ada acara pamungkas yang sangat ditunggu-tunggu oleh seluruh peserta IJJSS 2012 pada hari Minggu, 28 Oktober 2012 yaitu jalan-jalan ke Danau Kawaguchi, Radar Dom dan tentunya Gunung Fuji. Hampir lupa pada hari Jumat, 26 Oktober 2012 kami yang beragama Islam melaksanakan sholat Idul Adha di Kampus Chiba. Sungguh sangat mengharukan dapat melaksanakan ibadah dalam berbagai keterbatasan.

Tibalah saat hari penantian tersebut, waktunya jalan-jalan bersama seluruh peserta dan panitia IJJSS 2012. Pagi hari Minggu, 28 Oktober 2012 pukul 07.00 waktu setempat kami berkumpul di gedung CEReS lantai 1 untuk briefing dan pembagian tanda pengenal peserta IJJSS 2012. Setelah semuanya berkumpul, petualangan pun dimulai dengan tujuan awal yaitu Pos ke-5 Gunung Fuji. Sungguh indah pemandangan di kanan-kiri jalan memasuki kawasan Gunung Fuji berupa paduan antara dedeauan warna hijau, kuning dan merah menghasilkan paduan warna yang indah, karena pada waktu itu sedang musim gugur. Setelah sampai, kami mulai merasakan dinginnya suhu udara di pos ke-5 tersebut hampir mencapai minus 2 derajat, tidak selang berapa lama, saya merasakan turunnya butir-butir salju walaupun tidak terlalu banyak disertai dengan angina kencang dan hujan. Di sini kami bisa membeli oleh-oleh khas untuk orang-orang tercinta di Indonesia, walaupun harganya cukup merogoh kantong. Ada hal unik yang saya temui di sini, yaitu di setiap rak penjualan misalnya gantungan kunci terdapat tulisan “beli 10 gratis 1”. Sangat kenal bukan dengan tulisan itu, hal tersebut saya tanyakan kepada penjual dan ternyata cukup mengejutkan juga karena frekuensi pengunjung yang berasal dari Indonesia cukup tinggi.

Setelah cukup lama bersenang-senang menikmati indahnya gunung Fuji, petualangan dilanjutkan kembali menuju Danau Kawaguchi sekaligus makan siang bersama di sebuah rumah makan yang cukup terkenal di pinggir danau tersebut. Menu makan siang kali ini cukup istimewa bagi saya diantaranya terdapat sup dan sushi disertai dengan teh Jepang yang khas dengan rasa agak pahit di lidah saya. Sebenarnya dari danau ini saya bisa langsung melihat Gunung Fuji, tetapi pada saat itu kabut cukup tebal sehingga menghalangi pemandang di depan danau. Setelah puas berfoto di sekita danau, perjalanan dilanjutkan menuju tempat yang cukup menarik yaitu Radar Dom Museum. Tempat ini merupakan sebuah museum dari radar dom. Radar dom sendiri pada awalnya dipasang di puncak gunung Fuji untuk memantau aktivitas gunung tersebut, tetapi radar dom tersebut sekarang dipindahkan ke museum. Di dalam musem radar dom tersebut, saya mencoba untuk masuk ke dalam suatu ruangan yang suhunya diatur sama dengan di puncak gunung Fuji, sangat amat dingin sekali ternyata. Di sekitar museum kita juga bisa mengunjungi kuil tua yang ada dan membeli oleh-oleh. Akhirnya petualangan telah berakhir dan saatnya untuk kembali ke kampus Chiba. Sungguh, merupakan suatu kebahagiaan dan rasa syukur yang tiada terkira atas kesempatan yang diberikan kepada kami untuk menginjakkan kaki di negeri matahari terbit, Jepang dengan segala aktivitas dan kebudayaan yang bisa kami pelajari. Alhamdulillah, terima kasih semuanya.
Lingkungan Kampus Chiba

Pada event IJJSS Chiba 2012 ini, ketua penyelenggara acara IJJSS 2012, Prof. Koichi Ito juga memberi apresiasi tinggi kepada semua peneliti dari 9 universitas dengan berbagai multidisiplin ilmu. Prof. Koichi Ito juga berharap dengan penyelenggaraan simposium internasional memperkuat kerjasama dalam pembelajaran dan penelitian antara universitas di Indonesia dengan universitas di Jepang. Begitu juga dalam pengembangan ilmu dan teknologi kedepan, dan telah disepakati untuk The 6th  Indonesia Japan Joint Scientific Symposium 2014 (IJJSS 2014) akan digelar di Universitas Gadjah Mada serta sebagai pamungkas, Universitas Chiba telah melakukan kerjasama (MoU) dengan 9 universitas tersebut. (@mas_wid)