#8 Touring


Entah siapa yang memulai pertama kali, ketika kami bertemu dan berkumpul pada masa-masa kuliah dulu. Kita yang merasa senasib dan satu kesenangan yaitu jalan-jalan, berniat untuk merealisasikan apa yang menjadi kesenangan tersebut. Sampai kami menamai tim kami dengan sebutan geo adventure. Banyak kisah dan perjalanan yang telah kita lalui. Banyak pula aspal maupun tanah yang telah kita telusuri. Tidak salah rasanya kita menamakan diri dengan nama yang cukup unik tapi berat maknanya.

Kami suka melakukan perjalanan dengan roda dua bermesin alias sepeda motor. Banyak alasan kami dalam melakukan perjalanan atau sering kita kenal dengan nama touring. Dari alasan sederhana ingin menikmati indahnya alam Indonesia sampai ke berbagai alasan lainnya. Dengan roda dua tersebut kita bisa lebih menjamah ke pelosok-pelosok yang tidak bisa didatangi dengan roda empat. Lebih merambah ke arena-arena liar dan jalan tanah yang sempit serta tanjakan yang sudah tidak mampu kami hitung lagi sampai roda-roda ini menapakinya.

Dari perjalanan darat, perjalanan ke pantai atau laut maupun berkemah ceria di gunung pernah kami alami dalam tim ini. Tim beranggotakan orang-orang yang cukup unik dan masing-masing mempunyai kepribadian yang berbeda tetapi dalam satu hobi dan visi. Dari tim inilah dan dari jalan-jalan inilah kita sering mengadakan penelitian bersama yang sampai akhirnya bisa membawa kami ke suatu ajang bergengsi waktu di Makassar dahulu.

Dengan adanya tim ini, kita bisa saling merumuskan kegiatan-kegiatan bersama baik dari santai sampai kegiatan serius. Tim yang bagaikan keluarga kedua bagi kami. Tim yang saling menguatkan di kala kami mulai lelah dan demotivasi dalam mengerjakan tugas akhir. Ya semua kita mulai dari perjalanan yang cukup berharga. 

Kami bukan hanya sekadar touring secara tiba-tiba tanpa terencana, tetapi semua kami lakukan dengan perencanaan yang cukup untuk rencana perjalanan yang akan dilakukan. Ada beberapa dari kami yang memang sudah mumpuni kalau diminta untuk membuat jadwal perjalanan sampai kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan selama perjalanan. Perjalanan yang paling seru dan menarik sewaktu liburan semester di mana kami memutuskan untuk melakukan perjalanan dengan roda dua membelah pulau Jawa, kita mengelilingi pulau Jawa dari barat-utara-timur-selatan. 

Sewaktu ide itu dilontarkan sudah terlihat bahwa tim ini akan menyetujuinya. Bahkan kami benar-benar merapatkan diri dalam satu forum diskusi yang lebih intens untuk menyusun rencana perjalanan, dari menyiapkan rute perjalanan, peta perjalanan, logistik dan kebutuhan-kebutuhan lainnya. Kami belajar banyak hal bagaimana kami mengelola sumber daya yang ada dengan seminimal mungkin demi tercapainya tujuan dari perjalanan yang cukup jauh kali ini.

Banyak kepala tentunya juga banyak ide dan pendapat yang tertuang untuk ekspedisi roda dua kali ini. Perdebatan dan saling menguatkan adalah kondisi biasa yang terjadi pada tim kami. Memang ini sebagai ajang pelatihan dan pembelajaran bukan hanya sekadar adu pendapat. Dari sini kami juga belajar bagaimana menyatukan ide-ide yang luar biasa tersebut ke dalam satu keputusan bersama yang disetujui oleh masing-masing dari semua tim kami. Semua berkesempatan untuk menjadi leader dalam tiap babak perjalanan. Kami belajar bagaimana cara yang bijak untuk belajar memimpin dan belajar bagaimana agar bisa dipimpin dengan baik.

Pada waktunya tiba kami melakukan perjalanan, teriring doa dan semangat kami ingin berbuat lebih dalam hidup kami. Kami ingin mensyukuri indahnya alam Indonesia dimulai dari pulau tempat kami tinggali. Dalam perjalanan pun tidak semulus yang kami bayangkan. Terkadang banyak halangan dan rintangan yang membuat kami harus mengubah beberapa rencana untuk mengantisipasinya. Memang kenyataan di lapangan selalu berbeda, tetapi yang lebih baik kita sudah membuat antisipasi rencana cadangan, sehingga kita tidak perlu takut apa khawatir.

Seiring dengan berputarnya roda dua ini, jiwa kami juga mengikuti ke arah roda dua itu berputar dan pergi yang membawa kami ke tujuan misi ini. Di beberapa daerah kami juga belajar kondisi maupun budaya masyarakat sekitar yang memang berbeda dengan daerah lain. Kami mencicipi jenis makanan yang ada di daerah tersebut. Kami sangat bangga atas keanekaragaman ini, ini baru di pulau tempat kami tinggal apalagi di pulau-pulau lain tentunya lebih unik lagi. 

Tak lupa dalam perjalanan kami juga memberitahu orang tua kami dan orang-orang yang kami sayangi. Kami juga selalu memberi kabar perkembangan dari perjalanan kami ke mereka. Doa, restu dan kabar sangat penting bagi kami selama kami melakukan perjalanan panjang ini, karena itu yang menguatkan semangat dan motivasi kami dalam menyelesaikan apa yang telah kami mulai.

Kadang jika kami mulai merasa lelah, ego dari masing-masing kami mulai muncul satu persatu. Ini yang harus kami pahami dan belajar sifat dari teman-teman kami. Betapa kami memang harus banyak belajar lagi untuk saling memahami. Justru kami sadar dengan adanya perjalanan panjang ini kami sangat menyadari bahwa ini adalah wadah yang sangat efektif dalam saling memahami dan mengerti.Tak lupa kami saling meminta maaf setiap ada hal yang tidak sependapat di antara kami.

Dalam perjalanan kami juga melakukan berbagai bentuk dokumentasi baik dari foto, video maupun tulisan atau catatan kecil. Dokumentasi itu nantinya sangat berguna pada saat pasca perjalanan, di mana tim kami akan membuat review dan pencatatan kembali riwayat perjalanan yang telah kita lalui bersama. Biasanya dalam me-review di masing-masing kepala dari kami sudah terngiang-ngiang ide untuk melakukan perjalanan berikutnya. Selagi masih muda dan ada waktu tidak ada salahnya kan belajar mencintai negeri ini dengan caranya masing-masing. Mari bertualang, siapkan rencana dan jalankan rencanamu! Ceritakan hasil perjalananmu agar semua orang tertarik untuk ikut menjelajah indahnya negeri ini. Aku cinta Indonesia seperti Indonesia sangat mencintaiku dari tanah dan air ini. Kami ingin nantinya anak cucu kami juga berpikiran dan berbuat serupa dengan kami mungkin dengan caranya yang berbeda untuk mencumbui bumi nusantara yang gemah ripah loh jinawi.

#8 Touring Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin

Featured Post

#25 Meraba Urat Nadi Kehidupan di Pulau Larat

Nelayan di Pulau Larat Geliat kehidupan di Pulau Larat dapat diraba dari interaksi warga pada sumber daya alam, tradisi, da...

Visitors