Ekspresikan Dirimu dengan Peta !


Zaman sekarang apa sih yang tidak pakai peta. Hampir semua orang baik anak muda maupun tua punya yang namanya handphone pintar atau "smartphone". Tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan fitur-fitur yang menarik di smartphone kita. Apalagi menyangkut informasi spasial seperti lokasi, rute dan sebagainya yang kadang membuat kita bingung bahkan tersesat dan tak tahu arah mau ke mana akhirnya muter-muter gak jelas. Tentunya kita pasti minta bantuan sama Google Maps sang penolong.

Nah saking seringnya kita minta bantuan pada mbah google maps, boleh dong skarang kita gantian bantuin orang lain buat peta sendiri berdasarkan gaya kita, misalnya ada yang sudah buat peta lokasi tambal ban, lokasi kemacetan dengan kriteria, lokasi pasar malam dan lain sebagainya. Pada sesi kali ini saya akan membagikan sedikit tips-tips membuat peta secara online dengan gaya kita sendiri via Google Maps Engine. Tentunya pertama kali yang Anda harus punya ya akun google, pastilah pengguna smartphone harus punya untuk akses. Mari kita mulai belajar bersama buat peta kita sendiri:

1. Buka alamat website mapsengine.google.com
2. Setelah terbuka sign in dengan akun google Anda (akun gmail) dan pilih buat peta baru

3. Ini tampilan maps engine google
4. Tampilan default merupakan tampilan yang belum diolah alias asli dari sananya, termasuk judul, cara merubah judul peta klik yang bertuliskan "Peta tanpa judul", kemudian ganti dengan judul dan deskripsi yang kita inginkan tentunya harus ada keterikatan antara peta yang mau kita buat. Lebih jelasnya lihat di gambar di bawah ini
Saya memberi contoh misalnya kita ingin membuat judul peta lokasi pasar kaget atau pasar malem dan deskripsi juga harus sesuai dengan judul, setidaknya menjelaskan judul dan membuat si pembaca paham maksud dan tujuan peta itu dibuat. Setelah Anda mengedit aka mengubah judul jangan lupa klik tombol simpan yang berwarna biru tersebut dan hasilnya otomatis ada di panel sisi kiri halaman, seperti pada contoh:
5. Setelah selesai dengan urusan judul dan deskripsi, sekarang kita beralih ke topik utama, yaitu kita harus memilih area yang mau kita buat peta, kalau mau buat peta se-Indonesia ya dipilih wilayah Indonesia, saya kali ini mengambil area Depok, silahkan ketikkan kata "Depok" di tool search kemudian klik tombol search atau tekan enter pada keyboard Anda. 


Ini area yang sudah terpilih yaitu se Kota Depok, Jawa Barat, cekidot :

6. Pada tahap selanjutnya saya akan memberikan sedikit penjelasan singkat mengenai fungsi dari menu-menu yang berada di bawah tool seacrh tersebut, biar gak penasaran gan, langsung saja
a. undo, urungkan apa yang anda buat
b. tidak jadi diurungkan, sayang udah capek-capek malah dihapus
c. pan, anda bisa menggerakkan peta dengan tombol pan tersebut
d. tombol plot titik lokasi, memberi plot atau penanda dari titik suatu lokasi
e. menggambar garis
f. petunjuk arah ke lokasi tersebut
g. mengukur seberapa jauh lokasi dari lokasi lain yang kita tentukan

7. Kita juga bisa menentukan peta dasar aka basemap yang mau kita buat untuk tema peta kita nantinya, ada bermacam jenis peta dasar seperti citra, jalan, dsb. Kali ini saya mencontohkan dengan memilih peta dasar berdasakan citra satelit agar jelas kenampakan di lapangan untuk identifikasi lokasi tema pada peta yang akan kita buat.
8. Selanjutnya adalah mengeplot lokasi (membuat point) sesuai dengan tema, misalnya pasar malam, jadi saya mencari lokasi pasar malam di sekitar Kelapa Dua dan Beji, tema dan plot lokasi bisa dikembangkan nantinya sesuai dengan si pembuat atau permintaan. Saya hanya mencontohnka 2 lokasi plot saja. Jangan lupa cara plotnya pakai tombol plot di langkah nomor 7 ya. Setelah Anda memberi plot lokasi, selanjutnya tulislah nama plot titik lokasi tersebut dan deskripsi singkat untuk memberikan gambaran ke pembaca nantinya.


9. Gambaran dua plot lokasi pasar malem di Depok
10. Database plot lokasi dari panel sisi kiri, di field Data (Lapisan tanpa judul), data ini berisi nama dan deskripsi secara jelas dari lokasi yang diplot ditampilkan secara tabular dan menyeluruh.

11. Peta kreasi Anda sudah jadi, jangan lupa banyak-banyak buat plot agar informasi semakin banyak juga, setelah selesai tentunya kita akan membagikan hasil karya kita ke teman-teman kita dong atau ke social media agar bermanfaat dan sedikit eksis di dunia maya, hehehe :). Caranya cukup mudah tinggal klik tombol bagikan yang berwarna hijau di pojok kanan peta, kemudian pilih akses apakah open atau melalui persetujuan Anda terlebih dahulu, silahkan
Sekarang Anda bisa membuat dengan mudah peta sesuai keinginan Anda secara online, misalnya kuliner, wisata, dan masih banyak sekali tema-tema menarik di sekitar Anda. Selamat membuat peta. Ekspresikan dirimu dengan peta ! :)

Ekspresikan Dirimu dengan Peta ! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih telah mengunjungi blog saya. Mohon kritikan dan sarannya ya :)

Featured Post

#25 Meraba Urat Nadi Kehidupan di Pulau Larat

Nelayan di Pulau Larat Geliat kehidupan di Pulau Larat dapat diraba dari interaksi warga pada sumber daya alam, tradisi, da...

Visitors