Kunjungan dan Asistensi Tim Yapeka ke Pulau Larat


Studi Pelaksanaan Program KKP-ESDM (PLTS) di Pulau Terdepan Indonesia (Pulau Larat
26-27 Mei 2016, Desa Lamdesar Barat, Pulau Larat

Tujuan kunjungan tim Yapeka ke Pulau Larat adalah untuk melakukan studi pelaksanaan program pendampingan PLTS sejak tahun 2015. Pulau Larat merupakan salah satu dampingan dari TIM GIZ Endev dan Yapeka.
Evaluasi kinerja pelaksanaan program KKP-ESDM (PLTS) Pulau Terdepan terdiri atas:
1. Pemanfaatan Sumber Daya Pesisir (SDP)
Informasi yang akan digali mengenai wilayah mencari hasil laut, potensi di wilayah tersebut, peruntukan hasil laut, alat tangkap yang dipergunakan, kegiatan pertanian, pengembangan wisata, pendapatan rata-rata masyarakat.
2. Persepsi masyarakat mengenai kondisi SDP dan kondisi perekonomian keluarga
Di bagian ini, tim akan mencari informasi mengenai kondisi dan permasalah pesisir di desa, baik dari hasil tangkap, kuantitas, permasalahan lingkungan dan grafik pendapatan.
3. Persepsi masyarakat mengenai PLTS
Masyarakat akan ditanyakan seberapa mengenal mereka dengan adanya PLTS baik dari kelompok, dukungan, iuran dan saran perkembangan agar lebih baik lagi.
4. Informasi Umum
Sumber daya alam yang ada di desa, pemakaian sumber daya alam, bantuan sarpras yang pernah ada dan usaha ekonomi produktif setelah adanya PLTS akan menjadi pelengkap studi pendampingan program.
Proses mendapatkan informasi dilakukan dengan cara menggali informasi dari beberapa tokoh masyarakat seperti Kepala Desa dan Ketua BPD Lamdesar Barat. Fasilitator bersama Tim Yapeka juga berjalan keliling desa ke setiap RT menemui beberapa masyarakat dan berdiskusi terkait empat poin di atas.

Kunjungan dan Asistensi Tim Yapeka ke Pulau Larat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih telah mengunjungi blog saya. Mohon kritikan dan sarannya ya :)

Featured Post

#25 Meraba Urat Nadi Kehidupan di Pulau Larat

Nelayan di Pulau Larat Geliat kehidupan di Pulau Larat dapat diraba dari interaksi warga pada sumber daya alam, tradisi, da...

Visitors